Padang Panjang– ISI Padang Panjang terus meluaskan kerjasama dengan berbagai institusi, termasuk Badan Usaha Milik Negara. Salah satunya adalah PT Mitra Kerinci, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan teh. Kerjasama ini adalah antara Prodi Pariwisata ISI Padang Panjang dengan perusahaan di bawah Holding PT. Rajawali Indonesia (RNI). Perusahaan ini memiliki kebun teh di Solok Selatan yang terkenal dengan nama kebun teh Liki. Perkebunan yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda tersebut, sangat menarik untuk dijadikan sebagai kawasan wisata agro, ditunjang dengan keberadaan cafe dan penginapan yang sudah dimiliki oleh PT. Mitra Kerinci.

Ketua Prodi Pariwisata ISI Padang Panjang Muhammad Refki Novesar mengatakan, kerjasama dengan PT. Mitra Kerinci adalah sebuah peluang besar bagi prodi yang ia pimpin untuk mengembangkan berbagai program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan agro wisata dan wisata kuliner. “Alhamdulillah kita sudah mencapai kesepakatan untuk menjalin kerjasama. Dan tim kita juga sudah melakukan penandatanganan bersama dengan pihak PT. Mitra Kerinci. Insyaallah secepatnya berbagai realisasi akan kita lakukan bersama. Semoga dengan kerjasama ini kedua belah pihak akan semakin berkembang di masa datang,” kata Refki.

Sementara itu direktur Arief Maulana Yamin menghaturkan terimakasih atas inisiatif ISI Padang Panjang, terutama prodi Pariwisata untuk bekerjasama dengan perusahaan yang ia pimpin. “Kita Insyaallah akan selalu membuka diri dengan berbagai pihak dalam rangka bekerjasama. Apalagi ISI Padang Panjang adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi yang berstatus negeri dengan rumpun keilmuan yang terus bertambah. tentu kita berharap dengan kerjasama ini baik perusahaan kita maupun ISI Padang Panjang sendiri akan sama-sama memperoleh manfaat,” katanya. Arif juga berharap seiring dengan kerjasama ini akan ada pula Memorandum of Understanding dengan pihak rektorat ISI Padang Panjang sehingga hubungan baik akan semakin berkembang dan menguat.

Terpisah, Rektor ISI Padang Panjang Prof Novesar Jamarun mengatakan, kegiatan kerjasama dengan dunia industri berarti merupakan sebuah langkah untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan kalangan profesional. Hal ini adalah salah satu poin penting dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang didengungkan oleh kementrian. “Yang jelas dengna kerjasama ini kita juga berharap bahwa pihak PT Mitra Kerinci dapat memberi banyak masukan pula kepada ISI Padang Panjang yang sejalan dengan dunia bisnis mereka. Hal-hal yang terkait dengan pariwisata, tentu saja akan sangat bersinggungan dengan perusahan yang punya aset perkebunan sangat luas dan sangat indah seperti yang di Liki Solok Selatan,” katanya.

Rektor berencana akan mengadakan pertemuan khusus dengan direktur secepatnya. Di Solok Selatan, selain dengan PT Mitra Kerinci, Prodi Pariwisata ISI Padang Panjang juga menjalin kerjasama dengan asosiasi pengelola homestay Saribu Rumah Gadang. (rilis)