ANTROPOLOGI BUDAYA

Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Antropologi Budaya menyelaraskan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran ISI Padangpanjang terbaru. Visi, Misi, tujuan dan sasaran Program Studi Antropologi Budaya diikuti dengan penyusunan kurikulum

Proses Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Antropolologi Budaya melibatkan seluruh anggota dewan dosen, pimpinan Fakultas dan Institut. Perumusan dan penentuan, visi, misi, tujuan, sasaran dan program kerja dilakukan berdasarkan rapat dewan dosen. Selanjutnya, mengundang pejabat Fakultas dan pejabat Institut diminta untuk memberi masukan dan saran atas penentuan visi, misi, tujuan, sasaran dan program kerja yang telah disusun oleh Program Studi Antropologi Budaya. Rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Antropologi budaya menyesuaikan dengan arah pengembangan dari ISI Padangpanjang. Hasil pembahasan didiskusikan dalam rapat Panitia penambahan  prodi baru, kemudian ditetapkan menjadi visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian Program Studi Antropologi Budaya.

 

Visi

Menjadi Program Studi Antropologi Budaya yang memadukan tri dharma perguruan tinggi dalam mengembangkan pemahaman seni budaya melayu nusantara khususnya dan serta nasional dan global pada umumnya.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan Program Studi Antropologi Budaya dengan berpola Ilmiah Pokok Rumpun Budaya Melayu untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, memiliki keunggulan dan kemandirian.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan diseminasi teknologi dan hasil-hasil penelitian untuk memecahkan masalah-masalah budaya yang ada dimasyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang profesional untuk mengkaji, membina dan mengembangkan budaya melayu bagi pengembang budaya dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Suharti ok

Ketua Prodi Antropologi Budaya

Suharti, S. Kar., M.Si.

Yurisman ok

Sekretaris Prodi Antropologi Budaya

Yurisman, S.Sn., M.Si.

Tujuan

  1. Membentuk manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, inovasi, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab.
  2. Bertujuan untuk membekali peserta didik dengan berbagai wawasan dan fakta budaya-budaya yang berbeda, baik warisan budaya maupun budaya yang hidup dan berkembang saat ini.
  3. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  4. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian dalam menggali, membina dan mengembangkan budaya melayu serta peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  5. Terselenggaranya Program Studi Antropologi Budaya yang menjunjung tinggi nilai-nilai dasar budaya Melayu.
  6. Terselenggaranya pusat penyelenggaran pendidikan Antropologi Budaya yang berazazkan keilmuan yang peka serta responsif terhadap perubahan dengan menjunjung tinggi moralitas bangsa.
  7. Terselenggaranya pusat penelitian dan pengkajian Budaya Melayu berbasis budaya Melayu Nusantara yang bertanggung jawab.
  8. Terjalinnya kerja sama dengan berbagai Instansi terkait dalam rangka peningkatan kualitas terselenggaranya Program Studi Antropologi Budaya.
  9. Terwujudnya kejayaan diri, lembaga, bangsa dan negara melalui Terselenggaranya Program Studi Antropologi Budaya.