Pembukaan Program Studi S-1 Seni Karawitan pada ASKI Padangpanjang berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor.348/DIKTI/Kep/1998 tentang Pembuakaan Program Studi S-1 Seni Karawitan dan Program Studi S-1 Seni tari Pada ASKI Padangpanjang, tanggal 24 September 1998.
VISI
- Program Studi Seni Karawitan Unggul Dalam Kreativitas dan Pengkajian Bidang Seni Rumpun Melayu Tahun 2030
MISI
Misi yang diemban untuk mewujudkan visi yang sudah ditetapkan oleh Prodi Seni Karawitan adalah sebagai berikut :
- Menyelenggarakan pendidikan yang berpola ilmiah pada seni rumpun Melayu untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan mandiri dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan moralitas bangsa.
- Menyelenggarakan penelitian bagi pengembangan keilmuan bidang musik (karawitan) dan seni budaya Melayu Nusantara.
- Melakukan pendokumentasian musik Melayu Nusanatara dan menginovasikannya dalam bentuk karya-karya musik baru.
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam ruang lingkup seni musik dan budaya Melayu Nusantara.
- Melaksanakan program kreatifitas musik untuk penguatan keseniman bidang seni rumpun Melayu Nusantara.
Tujuan
- Mewujudkan budaya akademis yang kondusif melalui sistem pendidikan yang bermutu, transparan, dan bertanggung jawab.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kreatifitas untuk kepentingan masyarakat.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang senimelayu yang berkarakter dan berdaya saing tinggi.
- Mewujudkan sistem pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.
- Mewujudkan karya seni musik karawitan rumpun melayu secara kreatif dan inovatif.
- Menghasilkan lulusan yang peka terhadap perubahan yang terjadi dalam bidang seni musik rumpun melayu.
- Terciptanya kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat.
Ketua Jurusan/Prodi Seni Karawitan
Dr. Asep Saepul Haris, S.Sn., M.Sn.
Sekretaris Jurusan/Prodi Seni Karawitan
Yurnalis, S.Sn., M.Sn.
Sasaran
- Peningkatan proses belajar dan mengajar sesuai dengan standar yang ditetapkan.
- Peningkatan kualitas staf akademik.
- Peningkatan aktualitas input, soft skill dan daya saing mahasiswa.
- Menjadi pusat riset kajian Melayu Nusantara yag bereputasi baik tingkat nasinal maupun Internasional.
- Peningkatan jumlah dan kualitas penelitian dan publikasi serta perolehan HaKI.
- Peningkatan jumlah dan kualitas pengabdian kepada masyarakat.
- Peningkatan kualitas jaringan dan sistem ICT.
- Peningkatan pembiayaan pembelajaran program studi karawitan
DOSEN HOME BASE PROGRAM STUDI SENI KARAWITAN
sumber : PDDikti Profil Program Studi
No. | Nama | Pendidikan |
---|---|---|
1 | EDIWAR | S3 |
2 | ASEP SAEPUL HARIS | S3 |
3 | M. HALIM | S2 |
4 | MARTIS | S2 |
5 | I DEWA NYOMAN SUPENIDA | S2 |
6 | M. ARIF ANAS | S2 |
7 | FIRDAUS | S2 |
8 | SRIYANTO | S2 |
9 | ADMIRAL | S2 |
10 | YUNAIDI | S2 |
11 | JUFRI | S2 |
12 | SUSANDRAJAYA | S2 |
13 | FIRMAN | S2 |
14 | SYAFNIATI | S2 |
15 | INDRA ARIFFIN | S2 |
16 | DESMAWARDI | S2 |
17 | ELIZAR | S2 |
18 | MUHAMMAD ZULFAHMI | S2 |
19 | YURNALIS | S2 |
20 | ARNAILIS | S2 |
21 | RINA OKTAVIA | S2 |
22 | NADYA FULZI | S2 |
23 | ALFALAH | S2 |
24 | SYAHRI ANTON | S2 |
Rekap Jumlah Mahasiswa
No. | Semester | Jumlah Mahasiswa |
---|---|---|
1 | Genap 2023 | 164 |
2 | Ganjil 2023 | 178 |
3 | Genap 2022 | 152 |
4 | Ganjil 2022 | 164 |
5 | Genap 2021 | 168 |
6 | Ganjil 2021 | 194 |
7 | Genap 2020 | 189 |
8 | Ganjil 2020 | 225 |
9 | Genap 2019 | 188 |
10 | Ganjil 2019 | 343 |
11 | Genap 2018 | 306 |
12 | Ganjil 2018 | 334 |
13 | Genap 2017 | 281 |
14 | Ganjil 2017 | 311 |
15 | Genap 2016 | 204 |
16 | Ganjil 2016 | 231 |
17 | Genap 2015 | 198 |
18 | Ganjil 2015 | 217 |
19 | Genap 2014 | 192 |
20 | Ganjil 2014 | 253 |
21 | Genap 2013 | 202 |
22 | Ganjil 2013 | 229 |
23 | Genap 2012 | 178 |
24 | Ganjil 2012 | 209 |
25 | Genap 2011 | 177 |
26 | Ganjil 2011 | 192 |
27 | Genap 2010 | 153 |
28 | Ganjil 2010 | 169 |
29 | Genap 2009 | 129 |
30 | Ganjil 2009 | 138 |
STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN
KOMPETENSI UTAMA LULUSAN
MoA Prodi Seni Karawitan
No. |
Nama Instansi | Jenis
Kegiatan |
Kurun Waktu
Kerja Sama |
Manfaat yang Telah Diperoleh | |
Mulai | Berakhir | ||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
(6) |
1
|
Pemerintah Kota Sawahlunto | Pengemabngan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber daya akademik | 2017 | 2021 | Terlaksananya pelatihan, workshop bidang Musik Tradisonal Kinangkabau. |
2 | Akademi Kesenian Melayu Riau | Kerjasama bidang Tridharma Perguruan Tinggi | 2017 | 2021 | Terlaksananya pertunjukan dan workshop seni musik tradisi Melayu. |
3 | ISI Surakarta | Implementasi Tridarma Perguruan Tinggi | 2014 | 2019 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
4 | ISI Denpasar | Implementasi Tridarma Perguruan Tinggi | 2014 | 2019 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
5 | ISI Yogyakarta | Implementasi Tridarma Perguruan Tinggi | 2014 | 2019 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
6 | STSI Bandung | Implementasi Tridarma Perguruan Tinggi | 2014 | 2019 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa Karawitan dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
7 | Pemerintah Kabupaten Kerinci | Pembangunan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademis | 2017 | 2021 | Melaksanakan pelatihan, pertunjukan dan workshop musik tradisional Minangkabau. manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kabupaten Agam |
8 | Pemerintah Kabupaten Solok Selatan | Pembangunan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademis | 2015 | 2020 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Solok Selatan |
9 | Pemerintah Kabupaten Pasaman | Pembangunan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademis | 2015 | 2020 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Pasaman. |
10 | Pemerintah Kabupaten Sijunjung | Pembangunan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademis | 2016 | 2019 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kabupaten Sijunjung |
11 | Universitas Andalas Padang | Tridarma Perguruan Tinggi | 2016 | 2021 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
12 | Universitas Negeri Padang | Tridarma Perguruan Tinggi | 2016 | 2021 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
13 | STKIP PGRI Sumbar
|
Tridarma Perguruan Tinggi | 2016 | 2021 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
14 | Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
|
Tridarma Perguruan Tinggi | 2016 | 2021 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
15 | Institut Kesenian Jakarta
|
Tridarma Perguruan Tinggi | 2016 | 2021 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
16 | ISBI Aceh
|
Tridarma Perguruan Tinggi | 2016 | 2021 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
17 | TVRI Stasiun Sumatera Barat | Pengembangan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademis | 2017 | 2022 | Terpublikasikannnya setiap aktifitas civitas akademika ISI Padangpanjang dan diinformasikan secara luas kepada masyarakat. |
18 | Pemerintah Kabupaten Kerinci | Pengembangan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademik | 2017 | 2022 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kabupaten Kerinci |
19 | Pemerintah Kota Bukittinggi | Pengembangan Seni Budaya di Daerah dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademis Ditengah Masyarakat | 2017 | 2022 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kota Bukittinggi |
20 | Pemerintah Kota Solok | Pengembangan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademik | 2017 | 2022 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kabupaten Kota Solok |
21 | Pemerintah Kabupaten Solok | Pengembangan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademik | 2017 | 2022 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kabupaten Solok |
22 | Pemerintah Kota Pariaman | Pengembangan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademik | 2018 | 2023 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kabupaten Kota Pariaman |
22 | Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota | Pengembangan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademik | 2018 | 2021 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kabupaten 50 Kota |
23 | Pemerintah Kota Dharmasraya | Pengembangan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademik | 2018 | 2019 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kota Dharmasraya |
24 | Pemerintah Kota Padang | Pengembangan Seni Budaya dan Pemanfaatan Sumber Daya Akademik
|
2018 | 2019 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kabupaten Pesisir Selatan |
25 | Universitas Riau | Tridarma Perguruan Tinggi | 2018 | 2023 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
26 | Universitas Negeri Medan | Pengelolaan sistem pengenalan dan sistem pembelajaran seni budaya Indonesia, khususnya Seni Pertunjukan Indonesia | 2017 | 2020 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
27 | Universitas Bengkulu | Pengembangan kompetensi dan peingkatan kualitas sumber daya manusia serta membina hubungan kelembagaan antara para pihak untuk saling membantu dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. | 2019 | 2024 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
28 | Universitas Jambi | Kerjasama dalam menggali dan memanfaatkan potensi para pihak yang bertujuan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. | 2019 | 2024 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
29 | Universitas Islam Riau | Kerjasama dalam menggali dan memanfaatkan potensi para pihak yang bertujuan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. | 2019 | 2024 | Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dibidang pendidikan, penelitian, seminar, lokakarya, dan karya seni. |
30 | Pemerintah Kab. Padang Pariaman | Kerjasama dalam menggali dan memanfaatkan potensi para pihak yang bertujuan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. | 2019 | 2024 | Semakin terkelolanya kelompok kelompok seni dan komunitas seni dengan manajemen dan tata kelola yang lebih baik di Kabupaten Padang Pariaman |