Pada hakekatnya seni Karawitan merupakan teks estetis yang dibangun di atas pondasi utama bunyi musikal, yakni struktur musik yang meliputi nada, ritme, tempo, dinamik, tekstur dan gaya, membentuk satu kesatuan yang utuh dan harmonis untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada audiens.

Sesuai dengan Visi dan Misi Seni Karawitan yang melahirkan sarjana   kreatif, inovatif dan profesional yang dalam prosesnya menghimpun dan menciptakan rasa musikal yang bertolak dari nilai budaya musik Melayu-Nusantara.Di dalam seni Karawitan, emosi, pengalaman hidup, dan imajinasi, diujudkan melalui bunyi.Musik Melayu-Nusantara memberi peluang untuk mengekspresikan pikiran dan dapat secara langsung merespon emosional dan mengungkap hakikat jati diri manusia dalam konteks budayanya.

Visi, Misi dan Tujuan

Program studi seni karawitan memiliki Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut :

Visi 

Pusat kreativitas musik Melayu-Nusantara terdepan di wilayah

Misi

1. Menyelengarakan pendidikan profesional dan akademik dalam bidang musik Melayu -Nusantara

2. Menyelenggarakan penelitian dan penciptaan karya seni yang bersumber dari musik Melayu-Nusantara

3. Menyelenggarakan Pengabdian pada masyarakat berdasarkan hasil kajian dan kreatifitas seni yang  bersumber dari musik Melayu- Nusantara.

4. Menyelenggarakan berbagai pementasan dalam upaya peningkatan pengalaman berkesenian.

Tujuan

Penyelenggaraan pendidikan di program studi Seni Karawitan adalah sebagai berikut :

1. Menghasilkan lulusan sarjana seni karawitan dengan kompetesi penciptaan, pengkajian dan sebagai seniman penyaji.

2. Menghasilkan penelitian dan karya seni yang bersumber dari musik Melayu-Nusantara

3. Melakukan pengabdian  dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan penataran di bidang musik Melayu-Nusantara dalam berbagai keperluan yang bersumber dari hasil penelitian dan penciptaan  karya seni

4. Melakukan pementasan  dalam upaya peningkatan pengalaman berkesenian.

Pembukaan Program Studi S-1 Seni Karawitan pada ASKI Padangpanjang  berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor.348/DIKTI/Kep/1998 tentang Pembuakaan Program Studi S-1 Seni Karawitan   dan Program Studi S-1 Seni tari Pada ASKI Padangpanjang, tanggal 24 September 1998.

ir

Firman, S.Sn., M.Si

Ketua Prodi Seni Karawitan

saf

Syafniati, S.Sen., M.Sn

Sekretaris Prodi Seni Karawitan