PROGRAM STUDI SENI TEATER

Visi :

 “Program studi seni teater yang berkualitas, berwibawa, dan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi secara praktik dan teoretik di bidang seni teater”

Misi :

Misi Program Studi  Seni Teater ISI Padangpanjang yang dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi seni teater yang responsif terhadap perubahan dan tantangan di tengah masyarakat, bangsa dan negara, serta menjunjung tinggi nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia.
  2. Menyelenggarakan program penciptaan dan penelitian seni teater melalui program-mandiri maupun program-bersama yang menjadi rujukan lembaga-lembaga pemangku kepentingan seni teater berskala regional, nasional, dan internasional.
  3. Menghasilkan praktisi dan peneliti seni teater yang mampu memberikan kontribusi pada perkembangan praktik dan keilmuan seni teater di tengah masyarakat.

Tujuan dan Sasaran Prodi Seni Teater :

Mencermati tiga misi yang telah ditetapkan di atas, maka tujuan Program Studi Seni Teater dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pendidikan tinggi seni teater berdasarkan kurikulum dengan kompetensi utama Dramaturgi, Penyutradaraan, dan Pemeranan.
  2. Mewujudkan proses belajar mengajar seni teater yang interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, dan berpusat pada mahasiswa sesuai dengan nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia.
  3. Mewujudkan karya penciptaan dan pengkajian seni teater melalui program-program produksi-mandiri secara internal dan produksi-bersama melalui berbagai bentuk kerja sama dengan program studi seni teater lain, kelompok teater profesional, instansi-instansi pemerintah dan non-pemerintah dalam lingkup lokal, regional, nasional dan internasional.
  4. Mewujudkan penciptaan dan pengkajian seni teater yang mengedepankan nilai-nilai konservasi, inovasi, dan eksperimentasi dalam atmosfir kehidupan akademik guna kelangsungan seni teater di tengah masyarakat.

Adapun Sasaran yang hendak diwujudkan melalui penyelenggaraan pendidikan seni teater oleh Program Studi  Seni Teater ISI Padangpanjang, ialah:

  1. Menghasilkan sarjana seni teater yang memiliki keahlian teoretik dan praktik sebagai Dramaturg, Sutradara, dan Pemeran yang mampu bekerja secara mandiri maupun bersama di tengah masyarakat.
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan seni teater dalam bentuk tulisan-tulisan ilmiah yang dimuat dalam jurnal dan buku, serta karya seni teater dalam bentuk pementasan-pementasan teater pada berbagai peristiwa budaya di tengah masyarakat yang menjadi rujukan dalam dunia keilmuan dan dunia praktik sehari-hari.
  3. Menghasilkan pemahaman di tengah masyarakat akan potensi-potensi terapan dan pentingnya seni teater dalam kehidupan masyarakat secara lebih luas dan nyata.
  4. Menghasilkan tenaga akademik dan profesional yang mampu menerapkan ilmu dan keterampilannya untuk kelangsungan seni teater dalam kehidupan nyata.

Kompetensi Lulusan Program Studi Seni Teater

Kompetensi lulusan Program Studi Seni Teater yang ditargetkan meliputi  kompetensi sebagai :

1. Seniman pencipta (sutradara)

2. Seniman pengkaji (dramaturg)

3. Seniman penyaji (pemeran/aktor)

mer

Meria Eliza, S.Sn., M.Sn

Ketua Prodi Seni Teater

ric

Enrico Alamo, S.Sn., M.Sn

Sekretaris Prodi Seni Teater

Selain dapat bekerja  pada bidang formal seperti pegawai negeri, lulusan juga dapat berprofesi sebagai kritikus teater yang bekerja pada bidang-bidang tertentu yang masih berkaitan dengan dunia pertunjukan teater. Profesi lulusan maupun bidang pekerjaan yang dapat dilakoni tergantung kepada kompetensi yang didalami oleh mahasiswa pada proses  perkuliahaan.

Kebutuhan pasar terhadap lulusan Program Studi Teater pada era sekarang semakin meningkat, seiring dengan perkembangan industri lain yang berkaitan dengan teater, seperti film dan sinetron yang membutuhkan tenaga aktor/aktris, sutradara, penataan artistik dan lain-lain yang dimiliki oleh kompetensi teater. Teknologi yang berkembang sudah membuat batas-batas antara teater, film, sinetron, dan televisi serta bentuk kesenian lain semakin tipis. Lulusan Program Studi teater terutama dapat membuat lapangan kerja dengan membangun sanggar-sanggar yang profesional. Sanggar-sanggar tersebut akhir-akhir ini menjadi pilihan yang bagus bagi stakeholders yang membutuhkan tenaga seniman.

Pendidikan Seni Teater

Pendidikan teater yang diselenggarakan pada Program Studi ISI Padangpanjang adalah pendidikan dengan jenjang pendidikan Strata 1 (S.1). Pendidikan diselenggarakan dengan mengacu pada 3 (tiga) kompetensi, yaitu Kompetensi Pengkajian, Kompetensi Penciptaan, dan Kompetensi Penyajian. Kmpetensi pengkajian nantinya akan melahirkan dramatug atau ahli teater dan pengertian keilmuan. Kompetensi Penciptaan akan melahirkan sutradara dan penulis naskah drama yang handal. Kompetensi penyajian akan melahirkan aktor/aktris dan penata artistik yang juga bisa diandalkan. Pada tahap perkembangan kedepan, sesuai dengan kemampuan dan perkembangan ISI Padangpanjang, sangat terbuka untuk membuka dan menyelenggarakan pendidikan teater Strata 2 (S.2). penyelenggaraan pendidikan teater pada Jenjang S.2 ini merupakan suatu keharusan, mengingat semakin tingginya kualifikasi keilmuan dan keterampilan oleh lapangan pekerjaan.