Prodi Pendidikan Kriya

-Sejarah Program Studi Pendidikan Kriya


Program Studi Pendidikan Kriya merupakan satu-satunya Program Studi Pendidikan Kriya di wilayah Sumatera dan nomor dua untuk di Indonesia setelah Prodi Pendidikan Kriya di Universitas Yogyakarta, Izin pendirian Program Studi Pendidikan Kriya menurut SK Nomor. 358/ KPT/ I/ 2017, tanggal pembukaan Program Studi 13 Juli 2017.

Prodi Pendidikan Kriya menerima mahasiswa pertama pada tahun 2017 pada tahun pertama dipimpin oleh Dr. Yuniarti Munaf, S.Kons sebagai Kepala Program Studi sampai pada tahun Juni 2019, Juli tahun 2019 s/d 2023 Prodi Pendidikan Kriiya dipimpin oleh Ranelis, S.Sn., M.Sn.

Orientasi dasar program studi pendidikan kriya ISI Padangpanjang adalah penalaran, yang berarti penekanan utama terletak pada pemahaman konseptual-teoritik untuk kepentingan eksplanasi atau analisis, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Seperti halnya ilmu-ilmu social lainnya, seni kriya juga mementingkan asfek empiris, yang tentunya beranti bahwa konsep-konsep dan teori seni kriya senatiasa harus diuji dengan melihat kenyataan atau fakta yang konkrit dilapangan.

-SK Pendirian-


SK Pendirian Program Studi Pendidikan Kriya, No.358/KPT/I/2017 tanggal 13 Juli 2017 (Open)

 

A. Visi Program Studi Pendidikan Kriya

“Penyelenggara Pendidikan Kriya untuk Menghasilkan Tenaga Pendidik yang Profesional, Kompetitif, Kreatif dan Inovatif menuju Pendidikan yang Berkarakter Seni Budaya Melayu pada Tahun 2025”

 

B. Misi Program Studi Pendidikan Kriya

  1. Menyelengarakan pendidikan kriya yang berbasis pembelajaran sesuai kompetensi.
  2. Melaksanakan  penelitian  guna mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan pendidikan  kriya.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka pengembangan dan penyebarluasan seni budaya melayu tentang pendidikan kriya.
  4. Mewujudkan sivitas program  studi pendidikan kriya yang profesional, berkepribadian,  mandiri, kreatif, inovatif, berakhlak mulia berdasarkan agama dan budaya melayu.
  5. Menjalin kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait.

 

C. Tujuan Program Studi Pendidikan Kriya

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Kriya yang memiliki kemampuan profesional dalam mentransformasi Seni Budaya Melayu kepada masyarakat global.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian guna mengembangkan pembelajaran kriya, melestarikan serta mengembangkan kriya di masyarakat.
  3. Menghasilkan calon lulusan pendidik yang mampu menyebarluaskan pengetahuan keterampilan kriya inovatif kepada masyarakat.
Amrizal, S.Pd., M.A.-100

Ketua Program Studi Pendidikan Kriya

Amrizal, S.Pd., M.A.

Indra Irawan, S.Pd., M.Pd.-100

Sekretaris Program Studi Pendidikan Kriya

Indra Irawan, S.Pd., M.Pd.

Sasaran dan Strategi Pemasaran

Sasaran

  1. Guru yang profesional dan berwewenang penuh dalam bidang studi seni rupa dan kerajinan untuk mengajar pada tingkat SLTP, SMU dan SMK.
  2. Tenaga kerja profesional dalam bidang seni rupa dan desain, seperti disainer, konsultan interiopenasehat ahli pada sentra kerajinan, berwiraswasta dibidang reklame dan periklanan, sebagai pelukis, pemahat, pematung dan lain-lain.

Strategi Pemasaran

Pemasaran prodi pendidikan kriya dilakukan melalui promosi baik dari lembaga maupun dari program studi, promosi yang dilakukan oleh program studi melalui pelaksanaan kegiatan,dan kerjasama dengan sekolah-sekolah.

D. Profil Lulusan

  1. Pendidik Kriya
    1. Sebagai calon pendidik kriya yang berkualitas mampu mengembangkan pembelajaran kriya/kerajinan di sekolah menengah kejuruan dan sekolah umum.
    2. Sebagai calon pendidik yang memiliki kemampuan sebagai peneliti kriya dalam rangka pengembangan dan pelestarian kriya nusantara di masyarakat.
  2. Tenaga Peneliti di Bidang Kriya
    1. Sebagai tenaga profesional dibidang kriya yang memiliki kemampuan menggali masa lalu dan sekarang sebagai dasar pelestarian serta penciptaan kriya lebih lanjut.
    2. Sebagai tenaga profesional dibidang kriya yang memiliki kemampuan mengembangkan konsep-konsep kriya di masyarakat.

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu menjadi guru yang berkompeten dan profesianal dibidangnya
  2. Mampu merancang bahan ajar sesuai materi yang diajarkan.
  3. Mampu merancang dan menuangkan rancangannya dalam bentuk tulisan ilmiah pembuatan karya kriya secara profesional.
  4. Mampu merancang media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

DOSEN HOME BASE DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KRIYA

Sumber : PDDikti Profil Program Studi

No. Nama Pendidikan
1 ADE PUTRA S2
2 AMRIZAL S2
3 SRI SUNDARI S2
4 INDRA IRAWAN S2
5 NEFRI ANRA SAPUTRA S2
6 ALIPUDDIN S2
7 CHAIRUL HAQ S2
8 ASMIDAR S2
9 RANELIS S2

 

Daftar Nama Tenaga Kependidikan di Prodi Pendidikan Kriya

  1. Afdhalul Furqan. D

Rekap Jumlah Masiswa

No. Semester Jumlah Mahasiswa
1 Genap 2023 113
2 Ganjil 2023 120
3 Genap 2022 108
4 Ganjil 2022 110
5 Genap 2021 85
6 Ganjil 2021 89
7 Genap 2020 66
8 Ganjil 2020 66
9 Genap 2019 48
10 Ganjil 2019 57
11 Genap 2018 32
12 Ganjil 2018 32
13 Genap 2017 14
14 Ganjil 2017 14

MOA Prodi Pendidikan Kriya

  • MOA dengan Prodi Pendidikan Kriya Universitas Yogyakarta
  • MOA dengan Dinas Pendidikan Kota Padangpanjang
  • MOA dengan Dinas Kementerian Agama Kota Padangpanjang
  • MOA dengan SMK Negeri 1 Ampek Angkek
  • MOA dengan SMK Negeri 8 Padang
  • MOA dengan SMK Negeri 4 Padang
  • MOA dengan MAN Padusunan Pariaman

Kerjasama prodi dengan Diniyah Limo Jurai Kec. Ampek Angkek

Kerjasama prodi dengan SMA Negeri 5 Bukittinggi

Kegiatan Workshop Guru Seni Budaya dan Mahasiswa se-Sumatera Barat

Pengabdian mahasiswa Prodi Pendidikan Kriya ke sekolah

-Akreditasi-


Program Studi Pendidikan Kriya terakreditasi Baik berdasarkan keputusan BAN-PT No. 9783/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2021 pada tanggal 27 Juli 2021 – 27 Juli 2026