PROGRAM STUDI SENI TARI
Visi :
Menjadi Program Studi Seni Tari yang unggul dalam melahirkan insan akademis kreatif, inovatif dan berkarakter, berlandaskan budaya Melayu Tahun 2030.
Misi :
- Menyelenggarakan pembelajaran seni tari dengan kompetensi pengkajian dan penciptaan yang mampu bersaing di tingkat lokal, Nasional maupun Internasional.
- Meningkatkan hasil penelitian, karya dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung kemajuan Prodi Seni tari.
- Menjalin kerjasama ditingkat nasional dan internasional dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, iven seni dan pengabdian kepada masyarakat.
- Mengedepankan penggunaan IPTEKS dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya tradisi, untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi.
Tujuan :
- Menghasilkan lulusan Prodi Seni tari yang mampu bersaing di tingkat Lokal, Nasional dan Internasional.
- Mewujudkan Tridharma perguruan tinggi yang berkualitas untuk kemajuan Prodi Seni Tari
- Menghasilkan publikasi ilmiah, karya seni dan melaksanakan iven seni yang bertaraf nasional dan internasional.
- Mewujudkan keharmonisan perkembangan IPTEKS dengan melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisi
Ketua Prodi Seni Tari
Yan Stevenson, S.Sn., M.Sn
Sekretaris Prodi Seni Tari
Wardi Metro, S.Sn, M.Sn.
Sasaran :
- Menghasilkan lulusan dengan kompetensi pengkajian dan penciptaan seni tari serta memiliki soft skill yang dapat menunjang daya saing di tingkat lokal, nasional dan internasional.
- Mewujudkan kualitas dosen dalam hal pendidikan, pengajaran, penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.
- Terjalinnya kerjasama dibidang Tridharma PT tingkat nasional dan internasional.
- Pemanfaatan IPTEKS untuk menunjang Tridharma PT dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya tradisi.
DOSEN HOME BASE DI PROGRAM STUDI SENI TARI
Sumber : PDDikti Profil Program Studi
No. | Nama | Pendidikan |
---|---|---|
1 | INDRA UTAMA | S3 |
2 | ERNIDA KADIR | S3 |
3 | EDISON | S2 |
4 | NINON SYOFIA | S2 |
5 | SHERLI NOVALINDA | S2 |
6 | SYAHRIL | S2 |
7 | HENDRA NASUTION | S2 |
8 | ADJUOKTOZA ROVILENDES | S2 |
9 | ADRIANA GUSTI | S2 |
10 | SURHERNI | S2 |
11 | HARDI | S2 |
12 | EVA RIYANTI | S2 |
13 | ASMARYETTI | S2 |
14 | A A ISTRI AGUNG CITRAWATI | S2 |
15 | SYAIFUL ERMAN | S2 |
16 | YARLIS | S2 |
17 | WARDI METRO | S2 |
18 | YAN STEVENSON | S2 |
19 | IRDAWATI | S2 |
20 | SAWANISMAR | S1 |
Rekap Mahasiswa
No. | Semester | Jumlah Mahasiswa |
---|---|---|
1 | Genap 2023 | 306 |
2 | Ganjil 2023 | 330 |
3 | Genap 2022 | 289 |
4 | Ganjil 2022 | 302 |
5 | Genap 2021 | 300 |
6 | Ganjil 2021 | 332 |
7 | Genap 2020 | 292 |
8 | Ganjil 2020 | 364 |
9 | Genap 2019 | 297 |
10 | Ganjil 2019 | 493 |
11 | Genap 2018 | 438 |
12 | Ganjil 2018 | 475 |
13 | Genap 2017 | 363 |
14 | Ganjil 2017 | 404 |
15 | Genap 2016 | 255 |
16 | Ganjil 2016 | 276 |
17 | Genap 2015 | 214 |
18 | Ganjil 2015 | 220 |
19 | Genap 2014 | 156 |
20 | Ganjil 2014 | 202 |
21 | Genap 2013 | 215 |
22 | Ganjil 2013 | 212 |
23 | Genap 2012 | 161 |
24 | Ganjil 2012 | 193 |
25 | Genap 2011 | 138 |
26 | Ganjil 2011 | 166 |
27 | Genap 2010 | 115 |
28 | Ganjil 2010 | 150 |
29 | Genap 2009 | 129 |
30 | Ganjil 2009 | 160 |
Perkembangan Tari
Sebagai seni pertunjukan , tari mengalami perkembangan sejalan dengan dinamika kehidupan yang diakibatkan oleh adanya perkembangan teknologi dan persentuhan lintas budaya. Perkembangan tersebut tidak hanya terjadi dilingkungan perkotaan, tetapi juga masuk sampai kewilayah pedesaan, lembaga-lembaga/ instansi seni seperti Jurusan Tari ISI Padangpanjang.Hal ini ditandai oleh berbagai bentuk perubahan dari karya-karya yang dilahirkan oleh dosen maupun mahasiswa baik secara fisik gerak, isi dan pemanfaatan hasil teknologi.Adapun kualitas karya yang dihasilkan sangat terkait dengan kemampuan pada pengkarya dalam menyikapi fenomena yang berkembang, kepekaan rasa dan kemampuan intelektual. Oleh karena itu perkembangan teknologi dan dialog budaya yang semakin terbuka membuat para pengkaji, pencipta, dan penyaji tari harus mampu memahami ilmu pengetahuan tari dan ilmu pengetahuan sosial lainnya seperti antropologi, sosiologi, politik, ekonomi, linguistik dan filologi, semiotika, komunikasi, musikologi, sejarah, fisikologi, ikonografi dan etnokoreologi sebagai wadah dalam mengkaji, mencipta dan menyajikan tari. Disamping itu kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana yang telah dimiliki jurusan tari ISI Padangpanjang turut memberi andil bagi pencapaian kualitas karya ilmiah (skripsi & komposisi) yang dihasilkan. Pada sisi lain, pengkajian yang tetap melihat tari sebagi ekspresi estetis yang membawa serta unsur rasa tetap penting diperhatikan. Dengan cara demikian, tari-tari etnik sebagai kekayaan budaya Melayu yang berpijak pada konsep estetika lokal yang berazaskan pada Islam, kepekaan instuisi, tetap dijaga keberlansungannya, dan tetap terbuka bagi adanya perkembangan dan perubahan sesuai dengan dinamika budaya yang terjadi. Melihat kepada sumber daya manusia serta fasilitas sarana dan prasarana yang cukup, sangat memungkinkan jurusan tari dapat meningkatkan kualifikasi pendidikan dari S1 menuju jenjang Pascasarjana.
Profesi Lulusan
Lulusan pendidikan seni tari adalah para profesional yang dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Pencipta tari, yakni individu yang memiliki kemampuan untuk menuangkan ide dan konsep seni ke dalam berbagai bentukkarya tari.
2. Pengkaji tari, yakni individu yang memliki kemampuan untuk menganalisis beragam fenomena tari dan menuangkan hasil dan analisis interpretasinya dalam karya tulis ilmiah bidang tari.
3. Penyaji tari, yakni individu yang memiliki kemampuan sebagai penyaji atau pelaku tari secara kreatif, inofatif dan professional.
Pendidikan Seni Tari
Pendidikan bidang seni tari direalisasikan dalam penjenjangan Strata Satu (S1), dengan rincian penjenjangan adalah, pendidikan bersifat dasar dalam aspek kekaryaannya, serta bersifat umum dan deskriptif dalam kajian- kajian keilmuan. Dalam jenjang ini terdapat tiga jalur yakni:
1. Jalur Penciptaan
2. Jalur Pengkajian dan
3. Jalur Penyajian