Latar Belakang Program Studi Kriya

Keberadaan Program Studi Seni Kriya di ISI Padangpanjang dimulai semenjak tahun 1997 diawali dengan empat minat pokok yaitu kriya kayu, kriya logam, kriya kulit, dan kriya keramik.  Dalam usaha pengembangan, pada tahun 2002 dilakukan penambahan bidang dengan membuka minat utama kriya tekstil.  Sebagai bagian rumpun seni rupa Program Studi Seni Kriya bergandengan dan berjalan harmonis dengan program studi lain yang telah ada di ISI Padangpanjang dalam melaksanakan pendidikan pada jalur masing-masing.  Keberadaan program studi Seni Kriya semakin melengkapi empat program studi yang berada pada jalur Seni Pertunjukan.  Akselerasi yang sistematis dalam memanfaatkan hubungan simbiosis antara Seni Pertunjukan dengan Seni Rupa telah membuat keberadaan program studi ini menjadi lebih signifikan.  Hal itu secara realitas dapat dilihat dari adanya kerja sama yang baik ketika insan-insan pertunjukan membutuhkan tenaga-tenaga terlatih dalam seni kriya untuk mewujudkan serta memecahkan persoalan-persoalan yang berdimensi kesenirupaan, sehingga panggung, properti dan berbagai hal lainnya dapat diatasi dengan seksama.  Maka keberadaan Program Studi Seni Kriya di ISI Padangpanjang semakin berarti dan bermakna bagi jurusan lainnya terutama melengkapi potensi yang ada dalam meningkatkan mutu kinerja yang saling bersinergi.

Prodi Kriya memiliki Program Studi Seni Kriya yang dibuka pada tahun 1996/1997, No. SK Pendirian: 2271/D/T/2003 Tanggal: 05 September 2003 terakreditasi nilai “B” SK BAN PT. No. 029/BAN-PT/AK-XI/S1/XI/2008, Tanggal 13 November 2008.

 

Visi Program Studi

Visi Program Studi Jurusan Seni Kriya Institut Seni Indonesia Padangpanjang adalah : “Mewujudkan pendidikan kriya yang kreatif, mandiri, berkepribadian dan berkebudayaan Melayu. Untuk menetapkan visi ini dilakukan melalui mekanisme penyusunan yang dilaksanakan dan dilakukan dengan cbangkan lingkungan budaya Melayu, hasil tracer study, perkembangan kriya serta mencermati kebutuhan kompetensi lulusan oleh stakeholder. Di samping itu juga memperhatikan sumber daya dan kemampuan internal Program Studi Seni Kriya.”

amr

Amrizal, S.Pd, M.A
Ketua Program Studi Seni Kriya

wis

Wisnu Prastawa, S.Sn. M.Sn
Sekretaris Program Studi Seni Kriya

Misi Program Studi

Untuk mencapai visi tersebut maka Program Studi Jurusan Seni Kriya Institut Seni Indonesia Padangpanjangmerumuskan misi sebagai berikut:

  1. Menggali, mengembangkan, dan mentransformasikan potensi Budaya Melayu secara tepat dan konsisten.
  2. Mengembangkan kemampuan berkarya kriya kreatif dengan memanfaatkan teknologi, secara mandiri, profesional yang mampu bersaing dalam percaturan global.
  3. Membangun kehidupan akademik yang sehat, serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan karya kriya dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.
  4. Mewujudkan kerjasama dan kepekaan sosial terhadap masyarakat dan lingkungan.

Tujuan Program Studi

Berpedoman pada visi, misi, dan tujuan maka ditetapkan sasaran program studi seni kriya yaitu :

  1. Menghasilkan lulusan kriya yang mampu meneliti dan berkarya seni, dengan mentransformasikan Budaya Melayu pada produk-produk kriya secara kreatif, mandiri dan profesional.
  2. Mewujudkan kehidupan akademik yang kondusif, serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mewujudkan sikap kritis dan terbuka terhadap pergeseran paradigma keilmuan, teknologi dan keprofesian kriya, serta peduli terhadap permasalahan dalam masyarakat dan lingkungan.
  4. Menciptakan lulusan kriya yang memiliki kemampuan di bidang kriya dan mampu menjawab persaingan pasar global.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

I. Sasaran

  1. Tersedianya data base perkembangan kriya pada masyarakat berbasis kearifan lokal.
  2. Peningkatan mutu pendidikan dan penelitian dalam bidang kriya sehingga dihasilkan lulusan yang memiliki kompetensi penciptaan dan penelitian kriya
  3. Menumbuh-kembangkan jiwa kepemimpinan dan kewirausaan mahasiswa
  4. Peningkatan kuantitas dan kualitas karya kriya, sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kemampuan bersaing di dunia global
  5. Terlaksananya sistem pengelolaan pendidikan yang efisien dan efektif dengan kepemimpinan yang mampu menstimulasi secara intelektual dan arif untuk mewujudkan visi program studi
  6. Menumbuh-kembangkan sikap ilmiah dan wawasan mahasiswa tentang kemasyarakatan
  7. Peningkatan peran serta program studi kriya di dalam penyelesaian masalah-masalah di dalam masyarakat terkait kebutuhan akan benda fungsional dan seni dengan pendekatan keilmuan

8. Terjalinnya kerjasama dengan stakeholders, instansi pemerintah dan swasta baik di tingkat lokal, maupun nasional bagi pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang kriya

9. Tercapainya peningkatan reputasi dan akreditasi program studi.

II. Strategi Pencapaian

a. Peningkatan kemampuan akademik SDM: peningkatan penguasaan pengetahuan dan ketrampilan di bidang kriya, pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang objektif dan bertanggungjawab.

b. Peningkatan kualitas dan relevansi kurikulum dan proses pembelajarannya: melaksanakan kurikulum dan pembelajaran berbasis kompetensi dengan suasana akademik yang kondusif.

c. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukukung PBM

d. Peningkatan kualitas pelaksanaan tata pamong dengan pengelolaan pendidikan yang efektif dan efisien .

Profesi Lulusan

Lulusan pendidikan seni kriya adalahparaprofesional yang dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Pencipta kriyaatau pekriya, yakni individu yang memiliki kemampuan dalam mengartikulasikan gagasan dan konsep kriya ke dalam berbagai bentuk karya seni kriya.
  2. Pengkaji seni kriya, yaitu individu yang memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian dan pengkajian bidang kriya, baik dalam kaitan dengan dunia kriya itu sendiri maupun dalam hubungan dengan aspek sosial budaya masyarakat umumnya.

Tujuan Pendidikan Seni Kriya

Tujuan pendidikan Program Studi Seni Kriya adalah :

  1. Mampu merealisasikan gagasan atau ide ke dalam bentuk karya seni kriya.
  2. Mampu mempertanggungjawabkan karyanya secara etik, moral, dan akademik serta memiliki kompetensi pendukung.
  3. Mampu mengkaji dan menganalisis beragam fenomena budaya dan kriya.
  4. Mampu menyikapi keberadaan kriya dengan wawasan dan pengetahuan yang luas, yang memungkinkan dapat melakukan hubungan silang budaya.
  5. Memiliki sikap dan pola perilaku yang menjunjung tinggi etika kekriyaan dan berperilaku ilmiah sebagai sarjana kriya.

Kompetensi Program Studi Seni Kriya

Berdasarkan tujuan pendidikan program studi seni kriya ISI Padangpanjang, kompetensi yang harus dicapai seorang lulusan pendidikan kriya pada jenjang pendidikan tinggi terdiri atas tiga tataran kompetensi, yaitu Kompetensi Utama, Kompetensi Penunjang, dan Kompetensi Lain-lain, serta empat rumpun kompetensi yaitu Dasar dan Kepribadian, Perilaku dan Keahlian Berkarya, Penciptaan, dan Pengkajian.

Tenaga Pendidik Program Studi  Kriya

No. KD Dosen Nama / NIP Pendidikan
1. KR001 Drs Ahmad Akmal, M.Pd

19620202 198609 1 001

S2 ISI Yogyakarta
2. KR002 Dra Hj. Sri Sundari, M.Hum

19600816 198601 2 001

S2 UGM Yogyakarta
3. KR003 Drs As Adia

19620802 199112 1 001

S1 UNAND Padang
4. KR004 Dra Hj. Mega Kencana, M.Sn

19680908 199310 2 001

S2 ISI Yogyakarta
5. KR005 Riswel Zam, S.Sn, M.Sn

19701019 199803 1 002

S2 ISI Yogyakarta
6. KR007 Ahmad Bahrudin, S.Sn, M.Sn

19710920 200112 1 002

S2 ISI Yogyakarta
7. KR008 Sumadi, S.Sn, M.Sn

19640605 200112 1 001

S2 ISI Yogyakarta
8. KR009 Nofi Rahmanita, S.Sn., M.Sn

19771110 200212 2 002

S2 ISI Padangpanjang
9. KR010 Purwo Prihatin, S.Sn, M.Hum

19741204 200312 1 003

 

S2 UGM Yogyakarta
10. KR011 Yuliarni, S.Sn, M.Sn

19780728 200312 2 003

S2 ISI Yogyakarta
11. KR012 Ranelis, S.Sn, M.Sn

19780730 200312 2 001

S2 ISI Yogyakarta
12. KR013 Rahmad Washinton, S.Sn, M.Sn

19780525 200312 1 002

S2 ISI Yogyakarta
13. KR014 Amrizal, S.Pd. M.A

19720108 200312 1 001

S2 UGM Yogyakarta
14. KR015 Nofrial, S.Sn, M.Sn

19811112 200503 1 002

S2 ISI Yogyakarta
15. KR016 Yulimarni, S.Sn.M.Sn

19790723 200501 2 004

S2 ISI Padangpanjang
16. KR017 Alipuddin, S.Sn.M.Sn

19750901 200501 1 004

S2 ISI Padangpanjang
17. KR018 Widdiyanti, S.Sn, M.Sn

19780101 200501 2 004

S2 ISI Yogyakarta
18. KR019 Ferawati, S.Sn.,M.Sn

19790628 200501 2 005

S2 ISI Padangpanjang
19. KR020 Zairul, S.Sn

19790609 200501 1 004

S2 ISI Padangpanjang
20. KR021 Dini Yanuarmi, S.Sn.M.Sn

19820102 200604 2 002

S2 ISI Padangpanjang
21. KR022 Hendratno, S.Sn, M.A

19810524 200604 1 001

S2 University of Malaysia
22. KR023 Wahyono, S.Pd, M.Sn

19730226 200801 1 008

S2 ISI Yogyakarta
23. KR024 Desi Trisnawati, S.Sn.M.Sn

19821219 200701 2 005

S2 ISI Padangpanjang
24. KR025 Wisnu Prastawa, S.Sn, M.Sn

19821219 200801 2 005

S2 ISI Yogyakarta
25. KR026 Khoza Inul Asrar, S.Pd

19821222 200812 1 003

S1 UNP Padang

Minat Program Studi Seni Kriya

Minat Kriya Kayu

Minat Kriya Kulit

Minat Kriya Logam

Minat Kriya Tektil

Minat Kriya Keramik