PROGRAM STUDI SENI PROGRAM DOKTOR (S-3)

PROGRAM STUDI SENI PROGRAM DOKTOR (S-3)

PASCASARJANA INSTITUT SENI INDONESIA PADANGPANJANG

Program Studi Seni Program Doktor Institut Seni Indonesia Padangpanjang merupakan program doktor pertama yang ada di luar Pulau Jawa dan Bali. Program Doktor ini diselenggarakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 453/E/O/2024 tanggal 18 Juli 2024.

VISI

“Menjadi Program Doktor Seni yang unggul dan berdaya saing global dalam menghasilkan ilmuwan dan pencipta seni berbasis Budaya Melayu Nusantara tahun 2044”

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan program doktor di bidang seni dan budaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keunggulan dan kemandirian dengan menjunjung tinggi nilai dasar Pancasila dan moralitas bangsa.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas di bidang seni, budaya Minangkabau dan Melayu Nusantara yang peka terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS).
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan diseminasi teknologi di bidang seni, budaya Minangkabau dan Melayu Nusantara untuk memecahkan masalah-masalah seni dan budaya yang ada di masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pelayanan prima dan manajemen berbasis akreditasi dan optimalisasi pemanfaatan teknologi.
  5. Meningkatkan kerjasama bidang seni dan budaya berskala lokal, nasional, maupun internasional.
PROFIL LULUSAN
  1. Pengkaji Seni : Pengkaji yang memiliki kemampuan teoretik bidang seni dan budaya Melayu Nusantara.
  2. Pencipta Seni : Pencipta yang memiliki kemampuan praktik di bidang seni dan budaya Melayu Nusantara.
KURIKULUM

Semester 1

No. Mata Kuliah SKS
1. Budaya Minangkabau dan Melayu Nusantara 3
2. Filsafat Ilmu 3
3. Teori Seni 3
4. Estetika 3
5. Seni Media Baru 2
Jumlah 14

Semester 2

No. Mata Kuliah SKS
1. Seni dan Entrepreneurship 3
2. Metodologi Riset Seni 4
3. Teori Kebudayaan 3
4. MKPD (Mata Kuliah Penunjang Disertasi) 4
Jumlah 14

Semester 3 – 6

No. DISERTASI SKS
1. Seminar Proposal 3
2. Seminar Hasil 3
3. Ujian Kelayakan 4
4. Publikasi Internasional Bereputasi 6
5. Ujian Tertutup 6
6. Ujian Terbuka 4
Jumlah 26

Jumlah Total 54 SKS

JALUR STUDI

  1. Jalur Studi Penciptaan Seni, terdiri dari minat (a) Seni Musik (Nusantara dan Barat), (b) Seni Tari, (c) Seni Teater, (d) Seni Rupa, (e) Kriya Seni, (f) TV dan Film, (g) DKV, (h) Fotografi.
  2. Jalur Studi Pengkajian Seni, terdiri dari minat (a) Seni Musik (Nusantara dan Barat), (b) Seni Tari, (c) Seni Teater, (d) Seni Rupa, (e) Kriya Seni, (f) TV dan Film, (g) DKV, (h) Fotografi
DOSEN
  1. Prof. Dr. Andar Indra Sastra, S.Sn., M.Hum
  2. Prof. Dr. Rosta Minawati, S.Sn., M.Si.
  3. Prof. Dr. Soetarno, DEA
  4. Prof. Dr. Bambang Sunarto, S.Sen., M.Sn.
  5. Prof. Dr. Yasraf Amir Piliang,M.A.
  6. Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum.
  7. Dr. Agung Eko Budiwaspada, M.Sn.
  8. Dr. Asril, S.S.Kar., M.Hum.
  9. Dr. Yusril, S.S., M.Sn.
  10. Dr. Susas Rita Loravianti, S.Sn., M.Sn.
  11. Dr. Sahrul N., S.S., M.Si.
  12. Dr. Febri Yulika, S.Ag, M.Hum.
  13. Dr. Iswandi, S.Pd., M.Pd.
SYARAT PENDAFTARAN
  1. Mengisi borang pendaftaran lengkap dengan tulisan tangan menggunakan huruf balok/kapital, memakai tinta warna hitam. Borang Pendaftaran dapat download disini
  2. Bukti slip setoran/struk transfer pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah) ke Bank Nagari dengan nomor rekening 09000101006363 atas nama RPL 011 BLU ISI PP UTK OPS P PASCA. (Jika transfer via ATM/Mobile Banking, wajib menggunakan rekening atas nama yang bersangkutan)
  3. Fotocopi ijazah magister/magister terapan dan transkrip nilai akademik yang telah dilegalisir oleh perguruan tinggi asal bagi lulusan Perguruan Tinggi Negeri, dan LLDIKTI atau yang berwenang bagi lulusan Perguruan Tinggi Swasta dengan IPK serendah-rendahnya 3,25.
  4. Fotocopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Fotocopi Kartu Keluarga (KK).
  6. Surat Rekomendasi dari 2 Guru Besar/Doktor yang mengetahui kemampuan akademik calon karyasiswa.
  7. Menyerahkan proyeksi atau rancangan penelitian/penciptaan seni yang berisi tentang perspektif, konsep, estimasi projek program doktoral.
  8. Daftar riwayat hidup yang dilengkapi dengan dokumentasi karya seni, dan atau karya tulis yang telah dipublikasikan di tingkat lokal (5 buah) atau tingkat nasional (3 buah) atau tingkat internasional (1 buah).
  9. Surat izin tertulis dari instansi tempat bekerja (bagi yang sudah bekerja).
  10. Surat keterangan jaminan pembayaran studi dari instansi atau surat pernyataan kesanggupan membiayai sendiri (bermeterai Rp10.000).
  11. Menyerahkan softcopy pas foto berwarna.
  12. Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), dan wawancara sesuai jadwal yang ditetapkan.
  13. Borang yang telah diisi secara lengkap dijilid warna Biru.

PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU

Tanggal 1 Agustus-10 September 2024

SELEKSI CALON MAHASISWA BARU

Tanggal 11-12 September 2024

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

Tanggal 13 September 2024

PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL TA 2024/2025

Tanggal 17 September 2024

JENIS SELEKSI

  1. TPA (Tes Potensi Akademik)
  2. Wawancara

MATRIKULASI

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus wajib mengikuti matrikulasi yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari (jadwal menyusul).

BIAYA STUDI

  • Biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) persemester sebesar Rp12.000.000 (dua belas juta rupiah).
  • Biaya matrikulasi Rp1.250.000 (satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah).
  • Biaya lainnya akan ditetapkan dengan Keputusan Rektor ISI Padangpanjang.

NARAHUBUNG

Yesi Noviyanti, S.Pd. 081363387919

Riri Fitriani, S.Hum 081218454431