Unit Kegiatan Mahasiswa Pers (UKM-Pers) ISI Padang Panjang menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Dalam rangka perekrutan mahasiswa baru sebagai calon anggota, Rabu (16/10) Unit Kegiatan Mahasiswa Pers (UKM-Pers) ISI Padang Panjang menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar. Ketua UKM Pers Rozi mengatakan kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dan diisi dengan pemberian materi, diskusi serta praktek. “Saat ini jumlah peserta yang ikut mencapai 15 orang. Mereka berasal dari berbagai jurusan yang ada di ISI Padang Panjang,” katanya.

Dari total peserta yang mengikuti prlstihan, mahasiswa asal fakultas seni rupa masih mendominasi. Namun, diakui Rozi tahun ini kegiatan PJTD sedikit mengalami penurunan minant. “Itu tidak terlalu menjadi persoalan, sebab rata-rata semua UKM dari berbagai perguruan tinggi juga mengalami hal serupa,” sebutnya.

Sementara itu, pembina UKM Pers Muhammad Fadhli mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi kawah chandra dimuka untuk membina kemampuan dan pola fikir para calon anggota UKM Pers. “PJTD bagi kami bukan sekedar pelatihan yang membuat peserta pandai menulis berita, tetapi lebih jauh, kami ingin mereka memahami seluk beluk pemberitaan sehingga arif dalam menerima inforamsi di era keterbukaan saat ini,” sebutnya.

PJTD kali ini menghadirkan dua orang pemateri yang sangat kompeten di bidangnya. Mereka adalah DR Sulaiman Juned, yang merupakan ketua JUrusan Prodi Teater. Sulaeman yang juga merupakan seorang pengggerak literasi kenamaan di Padang Panjang pernah bertahun0tahun bergelut di dunia media massa. Pembicara kedua adalah Muharman. Redaktur Harian Rakyat Sumbar ini akan berbiccara mengenai pengelolaan dapur redaksi.

Rektor ISI Padang Panjang diwakili oleh Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Firdaus mengharapkan kegiatan PJTD oleh UKM Pers dapat mengembangkan bakat menulis di kalangan mahasiswa. “Setiap kegiatan kesenian itu butuh publikasi yang baik, UKM Pers harus mengambil peran itu dari sekarang. Sebab ke depan, era keterbukaan informasi harus segera dijawab dunia kesenian. Apabila mahasiswa kita cakap dalam memberitakan atau mengulas kesenian melalui media masa akan turut mendukung perkembangan kesenian terutama yang dihasilkan dari kampus kita,” sebutnya.

PR III mengapresiasi perkembangan UKM Pers hingga saat ini. Menurutnya pembekalan terhadap SDM anggota menjadi kunci utama dalam mengembangkan sebuah organisasi. “Kita berharap UKM Pers terus berjaya dan menjadi salah satu teladan mahasiswa dalam dunia informasi,” sebutnya. (rilis)