PASCA UNILAK, UIR DAN UNMUH PAKANBARU JALIN KERJASAMA DENGAN ISI

Padang Panjang– ISI Padang Panjang makin diminati sebagai mitra dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi oleh berbagai perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau. Setelah sebelumnya Universitas Lancang Kuning, kini Universitas Islam Riau (UIR) dan Universitas Muhammadiyah Pakanbaru yang ingin berjejaring.

Ditemui kemarin, rektor ISI Padang Panjang Prof Novesar Jamarun mengatakan, ia bersama tim sudah memperbincangkan tentang rencana kerjasama yang akan dilaksanakan dengan UIR dan Unmuh Pakanbaru. “Bulan lalu kita sudah datang ke Riau, setelah sebelumnya mereka menyampaikan niat untuk bekerjasama. Sembari menghadiri undanganKementrian kami lakukan pertemuan bersama antar pihak rektorat. Alhamdulillah, mereka sangat antusias untuk menjalin kerjasama dengan kita,” katanya.

Adapun inti dari kerjasama yang dibangun adalah penerapan tridharma perguruan tinggi secara kolaboratif, melibatkan berbagai unsur dari kedua perguruan tinggi. ” Misalnya dalam hal ini, kita dapat penelitian-penelitian dan program pengabdian masyarakat secara bersama,” katanya. Bidang seni dan budaya berkesesuaian dengan sejumlah fakultas yang ada di dua perguraun tinggi tersebut.

“Untuk awal setelah Unilak, kita akan jalin MoU dan MoA dengan pihak UIR. Mereka sangat bersemangat untuk segera mewujudkan praktek penelitian bersama,” sebut Dr Asril Muchtar, Direktur Pascasarjana ISI Padang Panjang yang juga terlibat dalam tim yang mengurusi kerjasama ini. “Dengan adnaya kerjasama antara kita nantinya, cakupan wilayah jelajah dari segi penelitian khususnya akan menjadi lebih luas, karena ini terkait dua provinsi. Bagi kita ini juga sangat menguntungkan karena, sekaligus untuk memperkuat nama institusi kita di Riau,” katanya.