Matrikulasi Sebagai Penyamaan Persepsi Bagi Karyasiswa Baru

Padangpanjang – Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang kembali melaksanakan matrikulasi kepada seluruh Karyasiswa baru, Senin (28/8/17) di Aula Rektorat ISI Padangpanjang.

Pemberian Matrikulasi ini merupakan salah satu bagian dari penyelenggaraan pendidikan di Pascasarjana ISI Padangpanjang. Matrikulasi tersebut juga bertujuan untuk memberikan penyegaran kepada peserta didik dalam bidang yang diminati. Selain itu, kegiatan tersebut juga memberikan pandangan dan pemahaman yang sama antar mahasiswa.

Direktur Program pascasarjana ISI Padangpanjang Dr. Susasrita Loravianti juga menjelaskan kepada karyasiswa baru bahwa matrikulasi ini merupakan kegiatan untuk untuk menyetarakan dan menyamakan visi dan misi program Pascasarjana ISI Padangpanjang.

“Matrikulasi ini juga menjadi awal mula dari perkuliahan di Pascasarjana ISI Padangpanjang, pada kegiatan ini kita akan menyamakan persepsi dan capaian-capaian dari program pascasarjana. Tidak semua karyasiswa baru berasal dari bidang keilmuan seni, untuk itu, perlu adanya matrikulasi ini agar karyasiswa yang bukan dari bidang ilmu seni juga memahami bidang ilmu seni” jelas Direktur Pascasarjana.

Rektor yang diwakili oleh Pembantu Rektor I Ediwar, Ph.D juga menjelaskan bahwa perlunya kegiatan untuk memberikan dasar-dasar keilmuan dari program studi atau minat yang dipilih oleh karyasiswa baru tersebut.

“Perlu diketahui bahwa ketika akan masuk ke Perguruan Tinggi, di Perguruan Tinggi tersebut terdiri dari berbagai macam latar belakang, termasuk latar pendidikan, pemahaman, dan pandangan. Maka dari pada itulah diperlukan matrikulasi. Ini adalah membantu para karyasiswa baru dalam menyamakan persepsi.” Sebut Ediwar.

Dalam laporan ketua pelaksana Dr. Wilma Sriwulan menjelaskan bahwa para Karyasiswa baru tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Bengkulu, Jambi, Riau, Aceh, dan Sumatera Utara.

Sedangkan untuk jumlah Karyasiswa baru tersebut dari 78 orang pendaftar kemudian hanya diterima sejumlah 65 orang untuk 8 minat studi tersebut. Pelaksanaan matrikulasi tersebut dilaksanakan selama 4 dari tanggal 28-31 Agustus 2017.

Sebagai pemateri dalam matrikulasi tersebut adalah Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS; Ediwar,S.Sn., M.Hum Ph.D; Dr. Andar Indra Sastra, S.Sn., M.Hum; Dr. Yusril, SS., M.Sn; Dr. Asril, S.Kar., M.Hum; Dr. Rasmida, S.Sn., M.Sn; Dr. Sahrul, SS., M.Si dan Dr. Sulaiman Juned, S.Sn., M.Sn.