Jurusan Fotografi Gelar Mine Art

Jurusan Fotografi ISI Padang Panjang kembali menggelar agenda tahunan “Mine Art Fotografi”. Kegiatan yang dilaksanakan selama seminggu ini dibuka Senin (21/10) oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Padang Panjang Yandri. Dalam kata sambutannya, dekan berharap agar kegiatan ini dapat menjadi wadah pembelajaran bersama baik oleh mahasiswa Jurusan Fotografi, maupun mahasiswa jurusan-jurusan lain yang ada di ISI Padang Panjang. “Jurusan Fotografi adalah salah satu jurusan paling Faforit di ISI Padang Panjang. Hal ini menjadi suatu peluang untuk jurusan ini terus berkembang dengan menggelar berbagai iven bersama para mahasiswa tersebut,” katanya.

Yandri juga berharap agar dari waktu ke waktu, kualitas karya yang dihadirkan oleh dosen dan mahasiswa pada kegiatan ini dapat meningkat. “Semoga Mine Art Fotografi dapat menjadi salah satu referensi utama di Sumbar untuk melihat sejauh mana perkembangan fotografi saat ini,” katanya.

Ketua Jurusan Dira Herawati mengatakan, kegiatan Mine Art Fotografi kali ini merupakan kegiatan yang lebih banyak mengedepankan karya-karya terbaru mahasiswa dan dosen. “Dengan adanya wadah kegiatan bersama ini juga kita harapkan para dosen dapat terpacu untuk turut berkarya seperti halnya mahasiswa. Demikian juga sebaliknya. Dengan begitu keakraban dalam wadah kekaryaan akan semakin tampak,” jelasnya.

Ketua panitia Benny Kurniadi mengatakan selain pamerna yang akan dilaksanakan selama seminggu, pihaknya juga akan menyelenggarakan workshop dengna mendatangkan para pemateri seperti Fachrozi Amri dan Agan Harahap. “kedua pemateri ini kita pandang cocok untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam berkarya. Mereka juga diharapkan bisa membangkitkan motivasi mahasiswa dalam mengerjakan berbagai project seni fotografi yang berkualitas dan berkelas,” sebutnya. Masing-masing pemateri punya waktu 90 menit untuk menjabarkan berbagai seluk beluk kekaryaan dalam dunia fotografi.

Ada 25 karya yang ditampilkan dalam kegiatan pameran. Semua karya telah melalui penyeleksian yang ketat oleh panitia dan kurasi para dosen. “Kita mencoba menerapkan proses kerja yang profesional di kepanitiaan, sehingga karya-karya yang ditampilkan benar-benar merupakan hasil kuratorial yang baik,” sebutnya.

Rektor ISI Padang Panjang ketika diwawancarai terpisah mengatakan pihaknya sangat antusias apabila Jurusan-jurusan di ISI Padang Panjang punya inisiatif melaksanakan kegiatan seperti Mine Art Fotografi secara rutin dan serius. “KJita harus membagi pengalaman kerja dan pengalaman karya kepada seluruh mahasiswa. Dalam ajang seperti ini kita juga dapat melihat sejauh mana tingkat perkembangan mahasiswa kita. Dan ini akan jadi catatan penting dalam membina mereka ke depan,” katanya.

Rektor yang juga ber-home base di Jurusan Fotografi ini mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada para pemateri yang sudah mau hadir ke ISI Padang Panjang. Ia juga mengharapkan agar para pemateri dapat diundang sekaligus sebagai corong kampus ke dunia profesional. “Ketika kita mengundang para pemateri untuk workshop atau seminar, tentu kita berharap mereka juga dapat mengabarkan perkembangan kampus pada dunia profesional, sehingga ISI Padang Panjang dapat dikenal secara lebih luas. (rilis panitia)