ISI Padangpanjang Targetkan jadi Universitas Budaya

Rektor Insitut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang Prof.Novesar Jamarun menargetkan kampus seni tertua di luar Jawa itu bisa menjadi Univesitas Budaya, meskipun untuk mencapai cita-cita itu, cukup banyak rintangan yang harus dihadapi dan berbagai persiapan yang membutuhkan kerja keras dari seluruh civitas perguruan tinggi seni tersebut.

“Berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan ISI Padangpanjang terus dilakukan, selain menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan seni di Indonesia, kita juga melakukan kerjasama-kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di sejumlah negara. Tujuannya, bagaimana ada transfer ilmu dari sejumlah perguruan tinggi yang lebih dahulu maju dalam hal teknologi dan bidang kependidikan,” lanjutnya.

“Sejumlah tradisi masyarakat Pariaman, seperti Silek, Galombang dan Ulu Ambek, mempertontonkan adu kemampuan dari dua group untuk saling mengalahkan lawan, meskipun itu berbentuk semacam pertunjukan, tetapi ada makna yang tersimpan di dalamnya tentang bagaimana bertahan dan menjatuhkan lawan dalam suatu kegiatan,” sebut Asril.

Dalam berbagai pertunjukan lain, jelas Asril, seperti Gandang Tasa dan Indang, juga menunjukan kekuatan dalam irama untuk dipertandingkan didalam sebuah perlombaan. Siapa yang paling dominan, dialah yang menjadi pemenang.

Selain itu, rangkaian dies natalis ISI Padangpanjang juga diwarnai dengan sejumlah pertunjukan yang dimulai dengan Art dan Kreatifiti pada awal pembukaan dies natalis, yang menampilkan beragam kreativitas dosen dan mahasiswa ISI Padangpanjang.

Menurut Kepala UPT Pusindok Dr.Rasmida,S.Sn,M.Sn menyampaikan, selama pelaksanaa dies natalis ISI Padangpanjang yang dilaksanakan hampir sebulan, selain menampilkan beragam karya inovasi mahasiswa dan dosen, juga ditampilkan sejumlah kesenian khas daerah di Sumatera Barat, seperti Tradisi Bailau dari Kota Solok, Tradisi Memandikan Bayi dari Solok Selatan dan dari berbagai daerah lain.

Penulis : Jon Kenedi / Olvyanda Ariesta

Foto : Dokumentasi UPT Pusindok SBM