ISI PADANGPANJANG: LAKSANAKAN WORKSHOP SISTEM UTBK 2019

Bukittinggi, ISI Padangpanjang  melaksanakan Pelatihan dan Workshop Sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 (27/02) di Hotel Rocky Bukktinggi. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pembantu Rektor I, II dan III ISI Padangpanjang “Kegiatan ini sangat penting untuk menyamakan persepsi dengan 21 peserta dari sekolah-sekolah SMA dan SMK se-Kota Padangpanjang sebagai Mitra dalam menyukseskan UTBK 2019” Papar Pembantu Rektor I ISI Padangpanjang Andar Indra Sastra yang bertindak sebagai Ketua Panitia.

Rektor ISI Padangpanjang Novesar Jamarun dalam pembukaannya menyatakan “Ini merukan kali pertama melaksanakan UTBK secara Nasional. Setelah melakukan kerja sama dengan 5 SMA dan SMK di Kota Padangpanjang dapat memiliki 460 komputer dalam melaksanakan ujian UTBK nanti” Paparnya.

Andar Indra Sastra menambahkan, “sekitar awal bulan Maret 2019 akan dilaksanakan uji coba beberapa kali agar antara ISI Padangpanjang dengan mitra benar-benar siap dalam menghadapi UTBK nantinya”. Tuturnya.

Novesar Jamarun menambahkan, “Pendaftaran UTBK sudah dapat dilakukan pada 1 Maret ini, daftarkanlah siswa-siswinya lebih awal agar tidak bermasalah dengan jaringan. Pendaftaran UTBK gelombang pertama 1-24 Maret, dan Gelombang kedua 25 Maret-1 April 2019. Selanjutnya kita berharap kesedian bapak dan ibu bekerja menjalankan tugas Negara sekaligus berbakti untuk negeri Padangpanjang dari 13 April sampai dengan 26 Mei admin Lokasi dan Teknisi Ruang siap melayani anak-anak dalam pelaksanaan ujian setiap Sabtu dan Minggu, pagi dan siang”. Tuturnya.

Rahmadhani, Koodinator TIK ISI Padangpanjang dalam paparannya mengenai Sitem UTBK, pengenalan Dashboard dan instalasi Server mengatakan “melaksanakan prosedur  pelaksanakan UTBK juga mengenai sstem operasi (ISO), jaringan, instalasi, aplikasi dan POB,dashboard, dan koneksi sekaligus melaksanakan ujicoba terhadap pelaksanaan UTBK. Ketersedian SDM dalam pelaksanaan UTBK yang terdiri dari pengawas, admin dan tekhnisi lokal untuk melayani 20 sesi ujian” Paparnya.

Wira Dharma Prasetia Tim UTBK mengatakan, “Seluruh peserta melakukan pengenalan terhadap semua menu dan feature aplikasi dashboard dan mengerti informasi yang dibutuhkan pada tahapan instalasi server ujian LTMPT. Hal ini tentu dapat  memahami prosedurnya seperti koneksi ke ESX, Login ke Dashboard, install Server, konfigurasi server, download paket soal, buka segel, upload jawaban sampai menghapus konten” tuturnya.

Anggra Haristu mengatakan, “Sementara konfigurasi PC Ujian dan Pengawas membutuhkan hardware maupun soffware sehingga mampu melakukan instalasi aplikasi Safe Exam Browser (SEB) untuk kebutuhan UTBK. Dalam hal ini tentulah harus melalui prosedur Dowload file, konfigugasi PC Ujian dan pengawas, instaklasi Aplikasi SEB” Ucapnya. (sjd)