DIES NATALIS ISI DIHADIAHI SILVER MEDAL OLEH GRAZIOSO CHOIR

Padang Panjang— Nama ISI Padangpanjang kian berkibar dipentas musik tanah air. Terbaru, Tim Grazioso Choir asuhan Nora Anggraini dan Della Rosa (duo dosen Jurusan musik ISI Padang Panjang) berhasil meraih silver medal dalam kategori Folklore pada 3Rd Dumai National Choir Festival. Acara yang dihelat pada 14 sampai 16 November tersebut adalah ajang bergengsi tahunan yang diikuti tim-tim paduan suara terkenal di tanah air.

“Alhamdulillah kita dapat silver medal tahun ini untuk kategori folklore atau paduan suara lagu rakyat. Kategori ini adalah salah satu dari 6 kategori yang diadakan oleh DNCF,” sebut Nora ketika diwawancarai usai kepulangan timnya kemarin. Menurutnya, tantangan pada ajang kali ini sangat berat, sebab tim-tim terbaik menunjukkan kapasitas mereka secara maksimal. “Kebetulan Grazioso Choir berulangtahun pada 17 November ini, dan kemenangan ini adalah kado terindah perjuangan kita,” katanya.

Kemenangan ini sebut Nora juga didedikasikan untuk Dies Natalis ISI Padang Panjang yang jatuh pada Desember depan. “Ini juga merupakan kado untuk Dies Natalis ISI Padang Panjang. Semoga prestasi ini dapat meningkatkan semangat semua jurusan untuk maju berkompetisi di ajang lokal, nasional bahkan internasional sekalipun,” sebutnya.

Selain berlomba, tim Grazioso Choir juga memanfaatkan momen kompetisi ini untuk menimba ilmu dari para dewan juri. “ Kebetulan juri kali ini sangat beragam. 2 juri nasional dan satu dari Filipina,” terangnya. Della selaku pelatih Grazioso Choir berharap, kehadiran timnya pada ajang ini sekaligus menjadi ajang pembelajaran bagi setiap elemen, yang didominasi para mahasiswa ISI Padang Panjang.
“Graziosi Choir ini bukan hanya berisikan mahasiswa jurusan musik saja. Juga ada dari jurusan lain. Dan dengan adanya latar yang berbeda ini, mereka perlu mendapat banyak pengalaman menonton sebagai ajang apresiasi. Lewat iven seperti inilah mereka bisa tau perkembangan terbaru dari dunia paduan suara,” katanya.

Rektor ISI Padang Panjang Prof Novesar Jamarun mengucapkan selamat atas keberhasilan Grazioso Choir. Ia berharap, prestasi ini dapat menjadi pelecut semangat untuk terus meningkatkan kualitas ke depannya. “Tim ini terdiri dari para mahasiswa dan dua dosen pengasuh. Jadi ini merupakan semacam labor tarik suara. Pembelajaran disini akan sangat penting bagi peningkatan pengalaman mahasiswa kita, apalagi dalam hal menghadapi kompetisi,” sebutnya.

Rektor menghimbau agar setiap Jurusan ISI Padang Panjang dapat meningkatkan semangat dalam mengikuti ajang perlombaan. “Mahasiswa kita harus dipacu untuk mengikuti berbagai perlombaan agar mereka punya pengalaman lapangan dalam menghadapi kompetisi seni. Dari situ mereka juga dapat mengamati sejauh mana perkembangan bidang seni mereka masing-masing,” katanya. (rilis)