Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Seni Dan Budaya Bercadik Program Pascasarjana ISI Padangpanjang
  1. Naskah dapat berupa hasil penelitian, artikel konseptual/ hasil pemikiran non penelitian dan obituari dari bidang seni dan budaya yang belum pernah dipublikasikan oleh penerbit lain.
  2. Panjang naskah antara 2.500 sampai dengan 4.000 kata atau 10 sampai dengan 15 halaman kuarto (21 x 29,70 cm), diketik satu setengah spasi dengan margin kiri dan atas 4 cm, kanan dan bawah 3 cm, font times new roman 12 dengan program window MS Word. Naskah memuat komponen: judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, isi karangan (naskah), daftar pustaka, dan biodata penulis.
  3. Judul naskah maksimal 10 kata, dibuat singkat, padat, namun menarik, informatif, problematis, visioner, dan mengandung kata kunci.
  4. Nama penulis ditulis di bawah judul, tanpa gelar disertai dengan profesi, lembaga asal penulis, alamat email, nomor handphone, yang letaknya di bawah nama penulis. Penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan.
  5. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, yang terdiri dari 100 sampai dengan 150 kata dan ditulis dalam satu paragraf yang berisi tujuan, metode, dan hasil pembahasan disertai dengan kata kunci (keywords) yang mencerminkan substansi naskah, diketik satu spasi. Kata kunci ditulis di bawah abstrak.
  6. Isi atau batang tubuh artikel (naskhah) berupa hasil penelitian, terdiri atas : (1) pendahuluan yang memuat latar belakang, (2) pendekatan /  prosedur / cara / metode, (3) hasil penelitian dan pembahasan, (4) kesimpulan.
    • Pendahuluan: berisi latar belakang, masalah, dan kajian pustaka.
    • Pendekatan/prosedur/cara/metode: berisi pendekatan/cara/metode yang digunakan.
    • Hasil penelitian dan pembahasan: berisi hasil penelitian dan pembahasan hasil tersebut.
    • Kesimpulan: berisi garis besar kesimpulan penelitian. Kesimpulan tidak dirinci dalam poin-poin, tetapi berupa paragrap
  7. Naskah yang ditulis berdasarkan hasil pemikiran dan pengalaman lapangan, terdiri atas : abstrak, pendahuluan, bagian inti atau pembahasan (kajian dengan sub-sub judul yang sesuai dengan substansi), penutup (kesimpulan dan saran) dan daftar pustaka.
  8. Penulisan sumber acuan: nama penulis sumber acuan yang berasal dari dalam negeri (Indonesia) dicantumkan secara lengkap, tetapi penulis yang berasal dari luar negeri harus ditulis nama akhirnya.
    • Kutipan tidak langsung: paragraf ditulis dengan parafrase, tidak terjemahan persis. Terjemahan persis dianggap plagiat.
    • Kutipan langsung:
      1. Untuk penulis dari dalam (Indonesia)
        Darmiyati Zuchdi (1994) menyatakan bahwa dilihat dari distribusi waktu penelitian kualitatif membutuhkan waktu yang cukup besar untuk melakukan persiapan sebelum sampai pada langkah pengumpulan data.
      2. Untuk penulis asing
        “Developmental research may be misleading rather than informative when propositions about development of gender-typed behavior are tested with measures of spontaneous performance rather than acquisition, as is usually the case” (Busey & Bandura, 1999, p. 688) Catatan: Penulis buku yang dikutip dengan pengarang terdiri dari 2 atau 3 orang tetap setiap nama pengarangnya ditulis secara lengkap.
  9. Tabel dan ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, diagram, peta dan foto disajikan dengan ketentuan:
    • foto untuk gambar, peta, harus cukup tajam, dicetak di atas kertas mengkilap (glossy),
    • ukuran gambar, grafik, tabel, dan sebagainya disesuaikan dengan ukuran kertas,
    • gambar dan grafik dibuat di atas kertas putih dan diberi nomor urut,
    • tabel menggunakan garis horisontal, tanpa garis vertikal.
  10. Daftar Pustaka mengikuti model APA (American Psychological Association) disusun berdasarkan abjad, dan disesuaikan dengan rincian berikut.
    Contoh penulisan daftar pustaka:

    • Terbitan berkala atau jurnal: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel/tulisan, judul terbitan (dicetak miring), volume, nomor, dan halaman. Contoh: Stoll, L. & Fink, D. (1992). “Effecting school change: The halton approach“. School effectiveness and school improvement: An international journal of research policy and practice, 3 (1). 19-41. Herawati, L. (2010). “Estimasi parameter pendidikan kesehatan masyarakat hasil intervensi cooperative self help di propinsi DIY“. Jurnal Kependidikan, 40 (1). 17-28. Speed, G.I. (1983). “Do newspaper now give the news“. Forum. 15:70S-701. (Masuk 3 digit atau karakter ke-4 mulai)
    • Buku: nama penulis (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul lengkap buku (cetak miring), kota penerbit, dan nama penerbit. Contoh: Zuchdi, D. (1994). Metodologi penelitian kualitatif. IKIP Yogyakarta: FPBS. Brown, D.H. (2001). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy. San Francisco: Addison Wesley Longman, Inc. Depdikbud. (1987). Materi dasar program pendidikan akta mengajar V: Metodologi penelitian Jakarta: Proyek Pengembangan Institusi Pendidikan Tinggi. Thayer-Bacon, Barbara, J. (1998). Philosophy aplied to education nurturing a democratic community in the classroom. New Jersey: Presntice Hall, Inc.
    • Buku yang terdiri atas beberapa artikel: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel/tulisan, nama penulis buku, judul buku, nama penyunting, kota penerbitan, nama penerbit, dan halaman. Contoh: Winch, C. (2006). “Graduate attributes and changing conceptions of learning” dalam P. Hager & S. Holland (eds). Graduate attributes, learning and employability. Dordrecht: Springer. Grundy, Shirley. (1996). Towards empowering leadership: the importance of imagining”. In Ortrun Zubber Skerritt (Eds.). New directions in action research. Washington DC.: The Falmer Press. ( nama pada (eds) tidak dibalik)
    • Buku yang pengarangnya lebih dari tiga orang: semua nama penulis dicantumkan Contoh: Berry, J.W., Poortinga, Y.H., Segall, M.H., & Dasen, P.R. (2002). Cross-cultural psychology: Research and applications. 2nd ed. UK: Cambridge University Press.
    • Conference paper (Proceedings): nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel/tulisan, nama kegiatan conference atau seminar, tanggal dan tempat pelaksanaan, dan halaman Contoh : Dahlan, M.D. dan Tirtosudiro, A. (2011). Quality System Based on ISO 9000 Combined with QFD Proceedings: World Innovation & Strategy Conference 1998 incorporating 4th International Symposium on Quality Function Deployment, 2-5 August, Sydney Australia, pp.1-8.
    • Artikel dalam internet: nama penulis, judul artikel/tulisan, situsnya, tanggal pengunduhan. Contoh : Josephson Institute of Ethnic. (2000). The ethic of American youth. http://www.josephsoninstitute.org/-reportcard/. Diunduh pada tanggal 25 Desember 2009.
    • Artikel dalam surat kabar harian: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel/tulisan, judul terbitan (dicetak miring), tanggal, dan halaman Contoh: Arman, S.A. (1973). “Sekali lagi teroris“. Kompas, 19 Januari 1973, halaman 5. Kompas. (1991). “Pemukiman dan lingkungan“. Kompas, 10 Februari 1991, halaman 3.
  11. Biodata ditulis secara naratif, maksimum 100 kata, memuat nama lengkap dan gelar pendidikan, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, nama lembaga tempat bekerja, serta karya ilmiah yang pernah dimuat dalam tiga tahun terakhir.
  12. Naskah dikirim ke redaksi tiga eksemplar serta softfile dalam format “doc” atau bisa dikirim via email ke bercadik@isi-padangpanjang.ac.id  Penyunting menerima naskah artikel, paling lambat bulan Januari untuk terbitan April dan bulan Juli untuk terbitan Oktober.
  13. Naskah yang dikirim ke redaksi harus sudah sesuai dengan pedoman penulisan jurnal ini. Redaksi berhak mengedit artikel tanpa mengubah substansi dan pokok pikiran penulisannya.
  14. Naskah yang masuk ke redaksi akan ditelaah secara umum, selanjutnya dikirim ke Penyunting ahli/ Mitra Bestari.  Atas dasar rekomendasinya, kemudian penyunting akan mengkomunikasikan keputusan apakah diterima/ ditolak/ di revisi. Penulis yang naskahnya dimuat,akan diberikan nomor bukti sebanyak tiga eksemplar. Naskah yang tidak dimuat, tidak dikembalikan.
  15. Beberapa kemungkinan tentang naskah yang dikirimkan untuk dimuat:
    a. diterima dan diterbitkan,
    b. diterima dengan perbaikan oleh dewan redaksi,
    c. diperbaiki untuk dipertimbangkan kembali,
    d. ditolak karena tidak memenuhi syarat.
  16. Artikel Jurnal Bercadik yang sudah dipublikasikan dapat diakses pula melalui e-journal dengan alamat : http://www.journal.isi-padangpanjang.ac.id

 Download Pengumuman

3 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Untuk Jurnal Ilmiah Mahasiswa bisa langsung publish melaui jurnal ISI Padangpanjang, prosesnya melalui lembaga penelitian ISI Padangpanjang, untuk info selanjutnya akan di umumkan.

    terima kasih….

    4dmin Reply
  • Mohon Informasi , apakah jurnal dari luar ISI PP diperbolehkan? Karena saya Dari Pasca Sarjana Fak. Ilmu Budaya USU Medan Mohon dibantuinformasi untuk penerbitan jurnal saya. apa saya kirim soft copynya atau hard copynya saja? Terima kasih.

    D.ACHMAD Reply
  • saya mau mempublikasikan artikel iliah saya di jurnal elktronik ini,,bisa atau tidak

    miftahul khairi Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.