Manajemen Mahasiswa Pertunjukan Makin Berkembang

Mata kuliah manajemen menjadi salah satu mata kuliah yang paling menantang, terutama di fakultas seni pertunjukan. hal tersebut lantaran mata kuliah ini membutuhkan semangat koolektifitas yang tinggi. Namun, tentunya mata kuliah yang satu ini juga turut menentukan kepiawaian para mahasiswa ketika nanti mereka tamat dan berhadapan langsung dengan kondisi kesenian yang ada di tengah masyarakat. Dekan Fakultas Seni Pertunjukan Hanefi mengatakan, dari mata kuliah ini juga diharapkan akan lahir bibit-bibit manajer handal yang akan mengelola kesenian dengan lebih baik dan sistematis.

Hal itu diungkapkan usai suksesnya kelompok bugi lamo manajemen dari jurusan musik menggelar jazz night di pelataran auditorium ISI Padangpanjang pada 14 Mei lalu. Keberhasilan tim manajemen yang dikoordinir oleh mahasiswa jurusan musik ini, menyusul keberhasilan pertunjukan tim manajemen mahasiswa jurusan tari yang telah lebih dulu mengusung acara pertunjukan tari di kota Sawahlunto.

“Terus terang kita salut dengan semangat mahasiswa yang tidak mengedepankan ego dalam melakukan kegiatan ini. Disamping itu, sebagian mahasiswa kita bahkan juga sudah mulai memberanikan diri untuk membuka jaringan dengan sejumlah pemerintah daerah. ini sungguh   pantas kita apresiasi,” sebut Hanefi.

Pendidikan Manajemen menurut Dekan asal jurusan Karawitan ini sangat relevan bila dihubungkan dengan kondisi kesenian di Indonesia hari ini. “Kita punya potensi seniman yang besar. Nah, yang jadi kendala adalah minimnya SDM manajemen yang akan mengurus para seniman berikut karya-karyanya ini,’ sebut Hanefi.

Iyan, mahasiswa yang menjadi bagian bugi lamo manajemen mengaku punya pengalaman yang berharga dengan diselenggarakannya jazz night. “Ini memang masih dalam lingkungan kampus kita menggelar acara. Tapi setidaknya, ini sudah memberi pelajaran yang penting mengenai bagaimana kita harus membina kerjasama tim, sebelum sebuah iven dapat digelar dengan baik,’ sebutnya.

Sementara, yoko sebagai salah seorang musisi yang terlibat dalam pementasan Jazz Night mengaku sangat apreciate terhadap kegiatan-kegiatan yang termenejemen dengan baik. “Saat ini kita sudah masuk pada suatu era di mana pengelolaan kesenian memang harus dilakukan dengan sistem yang baik, terarah serta memadukan skil berorganisasi dengan spirit kesenian itu sendiri. Tentunya, acara-acara yang termanajemen dengan baik seperti ini akan sangat penting untuk digelar sesering mungkin. sehingga mental para manajer muda di kampus ini akan semakin terasah. bila perlu, tidak hanya dalam rangka perkuliahan saja, di luar perkuliahan pun acara seperti ini harus lebih banyak digelar oleh tim manajemen di setiap jurusan,” katanya. (humas-fadhli)

Top