Prodi Fotografi

PROGRAM STUDI FOTOGRAFI

Berawal dari mandat Dirtjen Dikti No 284/E.E2/DT/ 2013 tanggal 4 April 2013 bahwa Institut Seni Indonesia Padangpanjang untuk segera menyelenggarakan pembukaan prodi fotografi. Dari surat mandat tersebut ISI Padangpanjang telah menerima mahasiswa baru fotografi angkatan I (pertama). Hingga empat bulan berikutnya menerima Ijin/surat keputusan (SK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No.284/E/O/2013 tanggal 23 Juli 2013 turun/diterima pada tanggal 13 November 2013 diresmikanlah prodi fotografi oleh Dirjen Dirjen Dikti bapak Djoko Santoso dengan ditandatangani sebuah prasasti. Program studi fotografi nantiknya merupakan bagian dari Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Profil lulusan program studi Fotografi memiliki kompetensi dalam bidang keahlian: fotografi ekspresi (fotografi yang menekankan aspek seni, kreativitas, dan inovasi yang berorientasi pada ekspresi pribadi penciptanya), fotografi komersial (fotografi yang mengarah pada aplikasi kreativitas dan inovasi dalam wujud pelayanan jasa fotografi secara profesional di dunia kerja, baik secara mandiri maupun di dalam tim), fotografi jurnalistik (fotografi yang menitikberatkan kreativitas dan inovasi di bidang foto jurnalistik yang profesional, beretika, dan menjunjung tinggi profesi).

VISI

Menjadi Program Studi yang unggul di bidang Penciptaan dan Pengkajian Fotografi  Berbasis Seni Budaya Melayu Nusantara di Asia tahun 2030.

MISI

  1. Menyelenggarakan penelitian bagi pengembangan keilmuan bidang Fotografi berlandaskan budaya Melayu Nusantara.
  2. Menyelenggarakan penelitian bagi pengembangan keilmuan bidang Fotografi berlandaskan budaya Melayu Nusantara.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam ruang lingkup fotografi berlandaskan budaya Melayu Nusantara.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di bidang penelitian dan penciptaan fotografi berbasis budaya Melayu Nusantara
  5. Mengembangkan program studi melalui kerjasama dengan instansi lain dan perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif.
  6. Mendorong terciptanya teknologi dan seni fotografi dan mengaplikasikan dalam berkreatifitas.
Benny Kurniadi, S.Sn., M.Sn.-100

Ketua Program Studi Fotografi

Benny Kurniadi, S.Sn., M.Sn

indah 1

Sekretaris Program Studi Fotografi

Indah Susanti, S.Sn., M.Sn

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana fotografi yang kreatif, inovatif, profesional dan memiliki jiwa kewirausahaan.
  2. Menghasilkan karya dan penelitian unggulan yang bermutu dalam bidang fotografi.
  3. Menghasilkan karya pengabdian yang berguna di lingkungan masyarakat.
  4. Terciptanya sistem pendidikan yang bermutu, transparan, dan bertanggung jawab.
  5. Meningkatkan kualitas ilmu fotografi sesuai dengan laju perkembangan IPTEKS.
  6. Mendorong terciptanya kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat.pengetahuan dan teknologi.

Sasaran dan Strategi pencapaian

Berpedoman pada Visi, misi dan tujuan, maka sasaran dan strategi capaian  Prodi Fotografi adalah sebagai berikut :

No

Sasaran

Strategi Capaian

1 Meningkatkan profesionalitas dosen dan mengembangkan keilmuannya dengan lebih spesifik demi memperkuat jajaran Program Studi Fotografi. Studi lanjut ke jenjang S3 bagi dosen yang sudah memenuhi persyaratan.

(3 orang dosen Program Studi Fotografi sedang melanjutkan studi (S3)

 

2 Meningkatkan jumlah dosen dan mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat di tingkat nasional dan Internasional Menumbuhkan dan mengembangkan iklim pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa.
3 Meningkatkan kualitas lulusan dengan IPK rata-rata > 3,00 yang mampu berkompetisi dalam merebut pasar kerja.

 

 

a.       Melaksanakan proses Belajar mengajar (PBM) sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

b.       Penyelenggaraan proses pembelajaran yang tepat waktu

c.       Penyelenggaraan ujian yang sistematis.

d.      Penyelenggaraan pembelajaran berbasis riset

e.       Melaksanakan lokakarya, seminar, diklat pembelajaran, workshop bidang keahlian.

4 Meningkatkan kualitas dan kreativitas dosen dan mahasiswa dalam kegiatan Fotografi. a.    Mengadakan dan mengikuti workshop yang berkaitan dengan fotografi.

b.    Melaksanakan dan mengikuti pameran fotografi hasil karya dosen dan mahasiswa di beberapa galeri lokal, nasional dan internasional dalam forum komunikasi seni yang bekerjasama dengan perguruan tinggi lain di Indonesia (dihilangkan atau dibuat poin baru).

5 Meningkatkan penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa fotografi yang hasil penelitiannya dipublikasikan lewat  jurnal ilmiah nasional dan jurnal  internasional a.    Mengikuti penelitian hibah bersaing dari dikti Simlitabmas

b.    Mengikuti penelitian DIPA ISI Padangpanjang

c.     Mengikuti pelatihan penulisan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat.

d.    Data ke balit

6 Menghasilkan bahan ajar yang komprehensif berdasarkan penelitian di lapangan Meningkatkan penelitian dan penerbitan hasil-hasil penelitian baik yang berupa buku maupun publikasi ilmiah.

 

7 Meningkatkan mutu pengabdian kepada masyarakat di tingkat regional, nasional maupun internasional. a.       Memfasilitasi dosen dalam pembinaan pengabdian bagi dosen dan mahasiswa.

b.       Memfasilitasi dosen dan mahasiswa melakukan pengabdian yang bekaitan dengan bidang fotografi melalui pembiayaan dari pihak luar.

c.       Menyelenggarakan pelatiahan pembuatan proposal pengabdian masyarakat sesuai dengan petunjuk hibah pengabdian kepada masyarakat yang digariskan dikti.
8 Meningkatkan kerja sama dengan stake holder dan lembaga masyarakat. Melakukan jejaring kerjasama yang saling menguntungkan melalui MoU dan MoA dengan institusi yang sepaham dengan visi, misi serta tujuan Program Studi, baik dengan dunia industri, kantor berita, SMA,SMK,MA, LSM ataupun komunitas fotografi.
9

 

 

 

Tersedianya sarana dan prasarana  yang memadaisehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan Mengalokasikan dana untuk pembangunan sarana dan prasarana yang diperlukan.

 

 

 

Strategi pencapaian sasaran dirinci pada periode berikut:

2014 – 2024

Terpenuhinya tenaga pendidik sebanyak 20 orang dosen berlatar belakang fotogarfi (pengkajian dan penciptaan) dengan kualifikasi pendidikan S3.

2024 – 2028

Terbangunnya kerjasama minimal  dengan 5 perguruan tinggi sejenis di Asia.

2028 – 2030

· Terciptanya karya seni dosen dan mahasiswa yang berpotensi mendapatkan penghargaan pada lomba-lomba fotografi dan pameran berskala internasional.

· Terpublikasinya karya ilmiah di jurnal internasional.

 

Kompetensi Lulusan

 

Kompetensi Utama :

  1. Mahasiswa mampu menjadi pengkarya yang kreatif, mandiri, inovatif, berwawasan global serta mampu mempublikasikan karya di bidang Fotografi
  2. Mahasiswa mampu melakukan penelitian, pengolah data, penganalisisan data, peka terhadap fenomena dan kajian di bidang Fotografi, serta mampu mempublikasikan karya ilmiahnya.

Kompetensi Pendukung

  1. Kemampuan editing Fotografi yang lebih baik .
  2. Kemampuan mengelola pameran dan seminar.
  3. Kemampuan mengupdate dan mengplikasikan teknologi fotografi terbaru.
  4. Mampu bekerja di Studio Fotografi, baik lokal maupun nasional
  5. Mempunyai kemampuan succes skills:
  • Mampu berpikir kritis
  • Mampu bekerja secara individu
  • Mampu komunikasi secara tertulis
  • Mampu komunikasi secara aktif
  • Mampu bekerja dalam kelompok
  • Mampu bekerja pada lingkungan baru
  • Mampu untuk terus belajar (life-long learning)
  • Mampu manajerial
  • Mampu berwirausaha.

DOSEN HOME BASE DI PROGRAM STUDI FOTOGRAFI

Sumber : PDDikti Profil Program Studi

No. Nama Pendidikan
1 DIRA HERAWATI S2
2 HASLINDA MORA S2
3 MUHAMMAD HUSNI S2
4 AZIZ FAUZI RAHMAT S2
5 YULI HENDRA MULTI ALBAR S2
6 CINDI ADELIA PUTRI EMAS S2
7 EZU OKTAVIANUS S2
8 IVAN SAPUTRA S2
9 BENNY KURNIADI S2
10 HARTITOM S2
11 INDAH SUSANTI S2

Rekap Jumlah Mahasiswa

No. Semester Jumlah Mahasiswa
1 Genap 2023 340
2 Ganjil 2023 386
3 Genap 2022 380
4 Ganjil 2022 396
5 Genap 2021 349
6 Ganjil 2021 399
7 Genap 2020 340
8 Ganjil 2020 366
9 Genap 2019 297
10 Ganjil 2019 415
11 Genap 2018 366
12 Ganjil 2018 379
13 Genap 2017 272
14 Ganjil 2017 259
15 Genap 2016 119
16 Ganjil 2016 186
17 Genap 2015 107
18 Ganjil 2015 119
19 Genap 2014 46
20 Ganjil 2014 61
21 Genap 2013 37
22 Ganjil 2013 36