PROGRAM STUDI FOTOGRAFI
Berawal dari mandat Dirtjen Dikti No 284/E.E2/DT/ 2013 tanggal 4 April 2013 bahwa Institut Seni Indonesia Padangpanjang untuk segera menyelenggarakan pembukaan prodi fotografi. Dari surat mandat tersebut ISI Padangpanjang telah menerima mahasiswa baru fotografi angkatan I (pertama). Hingga empat bulan berikutnya menerima Ijin/surat keputusan (SK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No.284/E/O/2013 tanggal 23 Juli 2013 turun/diterima pada tanggal 13 November 2013 diresmikanlah prodi fotografi oleh Dirjen Dirjen Dikti bapak Djoko Santoso dengan ditandatangani sebuah prasasti. Program studi fotografi nantiknya merupakan bagian dari Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
Profil lulusan program studi Fotografi memiliki kompetensi dalam bidang keahlian: fotografi ekspresi (fotografi yang menekankan aspek seni, kreativitas, dan inovasi yang berorientasi pada ekspresi pribadi penciptanya), fotografi komersial (fotografi yang mengarah pada aplikasi kreativitas dan inovasi dalam wujud pelayanan jasa fotografi secara profesional di dunia kerja, baik secara mandiri maupun di dalam tim), fotografi jurnalistik (fotografi yang menitikberatkan kreativitas dan inovasi di bidang foto jurnalistik yang profesional, beretika, dan menjunjung tinggi profesi).
VISI
Menjadi Program Studi yang unggul di bidang Penciptaan dan Pengkajian Fotografi Berbasis Seni Budaya Melayu Nusantara di Asia tahun 2030.
MISI
- Menyelenggarakan penelitian bagi pengembangan keilmuan bidang Fotografi berlandaskan budaya Melayu Nusantara.
- Menyelenggarakan penelitian bagi pengembangan keilmuan bidang Fotografi berlandaskan budaya Melayu Nusantara.
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam ruang lingkup fotografi berlandaskan budaya Melayu Nusantara.
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di bidang penelitian dan penciptaan fotografi berbasis budaya Melayu Nusantara
- Mengembangkan program studi melalui kerjasama dengan instansi lain dan perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif.
- Mendorong terciptanya teknologi dan seni fotografi dan mengaplikasikan dalam berkreatifitas.
Ketua Program Studi Fotografi
Benny Kurniadi, S.Sn., M.Sn
Sekretaris Program Studi Fotografi
Indah Susanti, S.Sn., M.Sn
TUJUAN
- Menghasilkan sarjana fotografi yang kreatif, inovatif, profesional dan memiliki jiwa kewirausahaan.
- Menghasilkan karya dan penelitian unggulan yang bermutu dalam bidang fotografi.
- Menghasilkan karya pengabdian yang berguna di lingkungan masyarakat.
- Terciptanya sistem pendidikan yang bermutu, transparan, dan bertanggung jawab.
- Meningkatkan kualitas ilmu fotografi sesuai dengan laju perkembangan IPTEKS.
- Mendorong terciptanya kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat.pengetahuan dan teknologi.
Sasaran dan Strategi pencapaian
Berpedoman pada Visi, misi dan tujuan, maka sasaran dan strategi capaian Prodi Fotografi adalah sebagai berikut :
No |
Sasaran |
Strategi Capaian |
1 | Meningkatkan profesionalitas dosen dan mengembangkan keilmuannya dengan lebih spesifik demi memperkuat jajaran Program Studi Fotografi. | Studi lanjut ke jenjang S3 bagi dosen yang sudah memenuhi persyaratan.
(3 orang dosen Program Studi Fotografi sedang melanjutkan studi (S3)
|
2 | Meningkatkan jumlah dosen dan mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat di tingkat nasional dan Internasional | Menumbuhkan dan mengembangkan iklim pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa. |
3 | Meningkatkan kualitas lulusan dengan IPK rata-rata > 3,00 yang mampu berkompetisi dalam merebut pasar kerja.
|
a. Melaksanakan proses Belajar mengajar (PBM) sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
b. Penyelenggaraan proses pembelajaran yang tepat waktu c. Penyelenggaraan ujian yang sistematis. d. Penyelenggaraan pembelajaran berbasis riset e. Melaksanakan lokakarya, seminar, diklat pembelajaran, workshop bidang keahlian. |
4 | Meningkatkan kualitas dan kreativitas dosen dan mahasiswa dalam kegiatan Fotografi. | a. Mengadakan dan mengikuti workshop yang berkaitan dengan fotografi.
b. Melaksanakan dan mengikuti pameran fotografi hasil karya dosen dan mahasiswa di beberapa galeri lokal, nasional dan internasional dalam forum komunikasi seni yang bekerjasama dengan perguruan tinggi lain di Indonesia (dihilangkan atau dibuat poin baru). |
5 | Meningkatkan penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa fotografi yang hasil penelitiannya dipublikasikan lewat jurnal ilmiah nasional dan jurnal internasional | a. Mengikuti penelitian hibah bersaing dari dikti Simlitabmas
b. Mengikuti penelitian DIPA ISI Padangpanjang c. Mengikuti pelatihan penulisan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat. d. Data ke balit |
6 | Menghasilkan bahan ajar yang komprehensif berdasarkan penelitian di lapangan | Meningkatkan penelitian dan penerbitan hasil-hasil penelitian baik yang berupa buku maupun publikasi ilmiah.
|
7 | Meningkatkan mutu pengabdian kepada masyarakat di tingkat regional, nasional maupun internasional. | a. Memfasilitasi dosen dalam pembinaan pengabdian bagi dosen dan mahasiswa.
b. Memfasilitasi dosen dan mahasiswa melakukan pengabdian yang bekaitan dengan bidang fotografi melalui pembiayaan dari pihak luar. |
c. Menyelenggarakan pelatiahan pembuatan proposal pengabdian masyarakat sesuai dengan petunjuk hibah pengabdian kepada masyarakat yang digariskan dikti. | ||
8 | Meningkatkan kerja sama dengan stake holder dan lembaga masyarakat. | Melakukan jejaring kerjasama yang saling menguntungkan melalui MoU dan MoA dengan institusi yang sepaham dengan visi, misi serta tujuan Program Studi, baik dengan dunia industri, kantor berita, SMA,SMK,MA, LSM ataupun komunitas fotografi. |
9
|
Tersedianya sarana dan prasarana yang memadaisehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan | Mengalokasikan dana untuk pembangunan sarana dan prasarana yang diperlukan.
|
Strategi pencapaian sasaran dirinci pada periode berikut:
2014 – 2024 |
Terpenuhinya tenaga pendidik sebanyak 20 orang dosen berlatar belakang fotogarfi (pengkajian dan penciptaan) dengan kualifikasi pendidikan S3. |
2024 – 2028 |
Terbangunnya kerjasama minimal dengan 5 perguruan tinggi sejenis di Asia. |
2028 – 2030 |
· Terciptanya karya seni dosen dan mahasiswa yang berpotensi mendapatkan penghargaan pada lomba-lomba fotografi dan pameran berskala internasional.
· Terpublikasinya karya ilmiah di jurnal internasional.
|
Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama :
- Mahasiswa mampu menjadi pengkarya yang kreatif, mandiri, inovatif, berwawasan global serta mampu mempublikasikan karya di bidang Fotografi
- Mahasiswa mampu melakukan penelitian, pengolah data, penganalisisan data, peka terhadap fenomena dan kajian di bidang Fotografi, serta mampu mempublikasikan karya ilmiahnya.
Kompetensi Pendukung
- Kemampuan editing Fotografi yang lebih baik .
- Kemampuan mengelola pameran dan seminar.
- Kemampuan mengupdate dan mengplikasikan teknologi fotografi terbaru.
- Mampu bekerja di Studio Fotografi, baik lokal maupun nasional
- Mempunyai kemampuan succes skills:
- Mampu berpikir kritis
- Mampu bekerja secara individu
- Mampu komunikasi secara tertulis
- Mampu komunikasi secara aktif
- Mampu bekerja dalam kelompok
- Mampu bekerja pada lingkungan baru
- Mampu untuk terus belajar (life-long learning)
- Mampu manajerial
- Mampu berwirausaha.
DOSEN HOME BASE DI PROGRAM STUDI FOTOGRAFI
Sumber : PDDikti Profil Program Studi
No. | Nama | Pendidikan |
---|---|---|
1 | DIRA HERAWATI | S2 |
2 | HASLINDA MORA | S2 |
3 | MUHAMMAD HUSNI | S2 |
4 | AZIZ FAUZI RAHMAT | S2 |
5 | YULI HENDRA MULTI ALBAR | S2 |
6 | CINDI ADELIA PUTRI EMAS | S2 |
7 | EZU OKTAVIANUS | S2 |
8 | IVAN SAPUTRA | S2 |
9 | BENNY KURNIADI | S2 |
10 | HARTITOM | S2 |
11 | INDAH SUSANTI | S2 |
Rekap Jumlah Mahasiswa
No. | Semester | Jumlah Mahasiswa |
---|---|---|
1 | Genap 2023 | 340 |
2 | Ganjil 2023 | 386 |
3 | Genap 2022 | 380 |
4 | Ganjil 2022 | 396 |
5 | Genap 2021 | 349 |
6 | Ganjil 2021 | 399 |
7 | Genap 2020 | 340 |
8 | Ganjil 2020 | 366 |
9 | Genap 2019 | 297 |
10 | Ganjil 2019 | 415 |
11 | Genap 2018 | 366 |
12 | Ganjil 2018 | 379 |
13 | Genap 2017 | 272 |
14 | Ganjil 2017 | 259 |
15 | Genap 2016 | 119 |
16 | Ganjil 2016 | 186 |
17 | Genap 2015 | 107 |
18 | Ganjil 2015 | 119 |
19 | Genap 2014 | 46 |
20 | Ganjil 2014 | 61 |
21 | Genap 2013 | 37 |
22 | Ganjil 2013 | 36 |