Di ISI Padangpanjang, Ratusan Mahasiswa Asing Disambut Meriah

Mahasiswa Asing Dari 73 Negara, Gelar Aksi Tanam Pohon, Pertunjukan dan Pameran Karya Seni

Padangpanjang, ISIPp – ‎Ratusan mahasiswa dari 73 negara yang mengikuti Program Darmasiswa di Indonesia, gelar aksi menanam pohon di lapangan dan dilanjutkan dengan Pertunjukan dan Pameran karya seni di Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Jum’at (22/5/15) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Closing Ceremony Mahasiswa Darmasiswa Tahun Ajaran 2014/2015, yang dipusatkan di Sumatera Barat itu. Salah satu rangkaian kegiatannya dilaksanakan di ISI Padangpanjang, selain di Kota Bukittinggi dan Kota Padang.

Ratusan mahasiswa asing yang berangkat dari Kota Bukittinggi menuju Padangpanjang, datang menggunakan belasan bus dan langsung disambut oleh Rektor ISI Padangpanjang Prof.Novesar Jamarun dan jajaran civitas perguruan tinggi seni tertua di luar Pulau Jawa itu.

‎Begitu memasuki pekarangan ISI Padangpanjang, rombongan yang didampingi Biro PKLN Kemindikbud dan Liason Officer (LO), langsung disambut oleh penampilan kesenian tradisional Minangkabau dan Siriah dalam Carano.

Ratusan mahasiswa yang awalnya cukup riang, menyaksikan keindahan alam Padangpanjang, langsung berpencar mengabadikan penampilan mahasiswa ISI Padangpanjang tersebut. ‎Seusai upacara penyambutan, mereka juga diberi kesempatan menanam pohon di pekarangan ISI Padangpanjang, sesuai dengan lokasi masing-masing peserta yang telah disiapkan panitia penyelenggara.

“Ini sebagai kenang-kenangan mereka sebelum bertolak ke negara mereka masing-masing,” sebut Rektor ISI Padangpanjang Prof.Novesar Jamarun, usai melakukan penanaman pohon.

Dikatakannya, ditunjuknya ISI Padangpanjang sebagai salah lokasi Closing Ceremony Darmasiswa yang mengikuti program beasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, juga memberikan dampak bagi promosi ISI Padangpanjang dan Sumatera Barat.

“Karena ini salah satu momen khusus untuk mempromosikan budaya Minangkabau, ISI Padangpanjang juga menyiapkan beragam penampilan yang khusus ditampilkan untuk duta wisata Indonesia di negara masing-masing,” sebutnya.

Setelah selesai penanam pohon, ratusan mahasiswa tersebut juga dihibur oleh beragam kesenian khas Minangkabau, seperti atraksi Randai, ‎Gong Tambua dan tarian kreasi di halaman gedung pertunjukan Hoeridjah Adam.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) ISI Padangpanjang yang juga sebagai ketua pelaksana Kurniasih Zaitun menyebutkan, kegiatan Darmasiswa Mahasiswa asing yang mengikuti program beasiswa di Indonesia Tahun Ajaran 2014/2015, terdiri dari 353 mahasiswa dari 73 negara. Acara ini dilaksanakan dari tanggal 21 hingga 23 Mei.

“Selain di Padangpanjang, kegiatan ini juga dilaksanakan di Kota Bukittinggi dan Kota Padangpanjang. Dimana ISI Padangpanjang bersama Unand Padang, ditunjuk sebagai panitia pelaksana,” sebut Kurniasih.

‎Disebutkan Kurniasih, selain aksi penanaman pohon oleh peserta Darmasiswa, juga akan dilakukan Pertunjukan dan pameran karya seni oleh peserta dan mahasiswa ISI Padangpanjang di Gedung Pertunjukan Hoeridjah Adam.

Disebutkan terpisah oleh Bred salah seorang mahasiswa darmasiswa asal Australia, bahwa dari tiga daerah yang dikunjungi, ISI Padangpanjang merupakan tempat yang paling meriah untuk penyambutan dan pelaksanaan kegiatan.

“Padangpanjang tempat yang paling meriah untuk penyambutan, kami merasa terharu dengan jajaran bendera yang dipasang disepanjang jalan di ISI Padangpanjang, apalagi dengan penampilan seni yang sangat bagus oleh mahasiswa ISI Padangpanjang”. Sebut Bred. (and-Pusindok, Ned-RS)